Bank Sumut Bantu Pencairan Dana BLTDD di 5 Desa Kabupaten Dairi

Pelayananpublik.id – Masyarakat di Desa Bintang dan Desa Kalang Simbara menerima penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) dari Pemkab Dairi, Senin (19/5/2020).

Penyaluran dana BLTDD tersebut disalurkan langsung secara tunai melalui Bank Sumut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

Penyerahan BLTDD tersebut dipantau langsung oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan juga dihadiri unsur Muspika Camat, Danramil serta Kapolsek beserta tokoh Masyarakat Dairi. Hadir juga Pemimpin Cabang Bank Sumut Sidikalang Effendy Karo Karo.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Penyaluran BLTDD di Pemkab Dairi ini adalah yang pertama kalinya dibantu oleh Bank Sumut.

Direktur Operasional Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan yang juga koordinator tugas penyaluran BLT Bank Sumut menjelaskan dirinya beserta jajaran akan secara intens memonitor dan menyampaikan arahan kepada seluruh unit kantor untuk memastikan kesiapan administrasi dan teknis agar penyaluran dana BLTDD tersebut dapat berjalan dengan lancar.

“Penyaluran dana BLTDD tersebut dilakukan untuk pemerintahan desa yang telah membuka rekening giro di Bank Sumut untuk penampungan dana desanya,” ujar Rahmat.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan Pelaksanaan penyaluran akan tetap mengikuti protocol covid-19 diantaranya penerapan sosial distancing, penggunaan masker oleh nasabah penerima dan juga pegawai Bank Sumut serta penggunaan bungkus plastik transparan terhadap seluruh uang yang diserahkan untuk menghindari penyebaran covid-19.

Penyaluran dana desa tersebut juga dilanjutkan Rabu (20/5/2020) kepada 3 desa lainnya yaitu Desa Belang Malum, Desa Kalang dan Desa Bintang Marsada.

Penyaluran BLTDD tersebut didistribusikan dalam momen Idulfitri yang semakin dekat. Pemimpin Cabang Bank Sumut Sidikalang Efenddy Karo-Karo mengatakan total desa yang akan dibantu Bank Sumut di Kabupaten Dairi tersebut kurang lebih sebanyak 63 Desa.