Pengertian Bunga, Fungsi, Jenis Hingga Manfaatnya Bagi Manusia

Pelayananpublik.id- Sebagian tumbuhan berkembang biak dengan bunga. Kuncup berubah jadi bunga kemudian jadi buah. Bunga adalah benda yang sering terlihat menawan di tumbuhan.

Tanpa bunga tumbuhan hanya dedaunan hijau yang monoton. Namun dengan adanya bunga, tumbuhan akan terlihat lebih indah.

Lalu apa sebenarnya bunga itu? Apakah mahkota tumbuhan atau apa?

Sebenarnya bunga adalah alat reproduksi seksual tumbuhan loh. Jangan bayangkan alat reproduksi hewan atau manusia, karena ini sangat berbeda.

Di tumbuhan penyerbukan atau pembuahan terjadi di bunga. Bunga atau flos merupakan alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga dengan divisi Magnoliophyta atau Angiospermae yang artinya tumbuhan berbiji tertutup.

Pada bagian bunga terdapat organ reproduksi, yaitu berupa benang sari dan putik. Bunga dapat muncul secara tunggal ataupun bersamaan dalam satu rangkaian, untuk bunga yang muncul secara bersama disebut dengan bunga majemuk atau inflorescence.

Bagian Bunga

Bunga memiliki beberapa bagian yang akan berguna dalam sistem reproduksi tumbuhan. Adapun bagian-bagian bunga adalah sebagai berikut

1. Mahkota

Mahkota atau corolla adalah bagian yang paling mencolok warnanya karena fungsinya menarik serangga.

Bagian mahkota biasanya berwarna-warni dan terlihat indah. Selain itu ukuran mahkota bunga juga paling besar dibanding bagian lainnya.

2. Kelopak

Kelopak bunga atau disebut sebagai calyx. Kelopak bunga terletak di lingkaran terluar. Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar.

3. Benang Sari

Benang sari menjadi bagian bunga yang cukup umum. Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan atau dikenal sebagai androecium. Bunga biasanya terdiri dari empat kotak sari, disebut mikrosporangia sebagai organ reproduksi jantan pada bunga.

Benang sari pada umumnya terdiri dari 3 bagian yakni tangkai sari atau filament, kepala sari dan serbuk sari.

4. Putik

Putik adalah bagian bunga yang berfungsi sebagai sebagai alat kelamin betina atau dikenal sebagai gynoecium. Biasanya putik terletak di bagian tengah-tengah bunga. Putik mengandung sel telur yang berguna pada proses pertumbuhan.

5. Bakal Buah

Bakal buah atau disebut sebagai ovarium juga termasuk salah satu bagian-bagian bunga. Sebenarnya bakal buah ini termasuk dari bagian putik, namun karena perannya yang penting kadang diklasifikasikan sebagai bagian bunga yang berdiri sendiri.

6.Bakal Biji

Bagian bunga yang biasanya ditemui pada tumbuhan berbiji. Fungsi bakal biji adalah untuk melindungi dan menjadi tempat pertemuan sel-sel telur yang dibuahi serbuk sari melalui proses penyerbukan. Bakal biji yang dibuahi akan berkembang menjadi biji.

Jenis Bunga

1. Bunga Sempurna

Bunga sempurna atau bunga lengkap adalah bunga yang memiliki bagian kelopak, benang sari, mahkota, dan putik.

Bunga lengkap biasanya juga berjenis kelamin ganda atau hermafrodit.

Meskipun demikian, tidak semua bunga memiliki kelamin ganda seperti jenis bunga lengkap. Contoh dari bunga lengkap yaitu bunga sepatu, terung, tembakau, melati, mawar dan lain-lain.

2. Bunga Tidak Lengkap

Bunga tidak lengkap ialah bunga yang tidak memiliki satu atau beberapa bagian bunga seperti perhiasan atau alat kelamin.

Bunga tidak lengkap dapat dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu perhiasan bunga yang tidak lengkap dan alat kelamin yang tidak lengkap.

Perhiasan bunga tidak lengkap adalah jenis bunga yang tidak memiliki perhiasan berupa mahkota dan kelopak bunga. Jenis bunga ini dapat disebut sebagai bunga telanjang.

Contoh bunga tidak lengkap antara lain bunga kelapa, bunga rambutan, bunga jepung bali, dan lain-lain.

Sedangkan untuk alat kelamin bunga hanya salah satu jantan atau betina.

Contoh bunga tak lengkap adalah bunga salak dan bunga mentimun.

Manfaat Bunga Bagi Manusia

1. Sebagai tanaman obat

2. Sebagai aroma terapi

3. Sebagai hiasan yang indah di mata

4. Penghilang rasa kantuk

5. Alat menyatakan perasaan. Katakan dengan bunga, itulah ungkapan yang sering terdengar di berbagai media, karena manusia sering menyatakan perasaan sedih, gembira dan lainnya lewat bunga.

6. Membuat lingkungan lebih bernilai estetika dan masih banyak manfaat lain.

7. Sebagai bahan kosmetik yang digunakan. Misalnya, air mawar, eye shadow anggrek dan lainnya.

Demikian ulasan mengenai bunga, mulai pengertian, bagian hingga jenisnya.
. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *