Vaksin Belum Ditemukan, Jokowi Minta Masyarakat Berdamai dengan Corona

Pelayananpublik.id- Indonesia sedang mengerahkan segala upaya untuk menghambat penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang sedang mewabah.

Hingga saat ini, jumlah kasus di Indonesia masih terus bertambah, baik dari yang bergejala berat, ringan, hingga tidak bergejala.

Pun hingga saat ini vaksin Covid-19 masih belum ditemukan.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk hidup berdampingan dengan virus asal Wuhan, China tersebut.

Ia mengatakan vaksin belum ditemukan, sehingga tak ada acuan bahwa virus corona benar-benar berhenti menyebar.

“Artinya, sampai ditemukannya vaksin yang efektif, kita harus hidup berdamai dengan Covid-19 untuk beberapa waktu ke depan,” katanya dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (7/5/2020).

Ia menyebut saat ini langkah yang bisa ditempuh adalah PSBB, bukan lockdown.

Mantan Gubernur DKI itu mengatakan, dengan adanya PSBB masyarakat masih bisa beraktivitas meski terdapat pembatasan di beberapa hal. Lagipula, upaya pembatasan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini memang harus terus dilakukan.

Begitupun, Jokowi menyadari bahwa roda perekonomian harus tetap berjalan. Jadi kebijakan ini termasuk fleksibel karena tidak seperti lockdown, PSBB memungkinkan masyarakat beraktivitas seperti biasa namun harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

Di lain pihak, Jokowi juga mengaku mendapat laporan soal masih banyak warga yang berkumpul atau berkerumun di perkampungan. Memang di jalanan besar sepi, tetapi di perkampungan justru masih banyak kegiatan berkerumun yang dilakukan.

Ia berharap warga bisa mengikuti protokol kesehatan dengan kesadaran dan disiplin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *