Pengertian Sit Up, Manfaat, Dan Efek Samping Jika Salah Melakukannya

Pelayananpublik.id- Bagi penggemar olahraga, keadaan yang serba “from home” akibat wabah Covid 19 ini tentu menyiksa. Bagaimana tidak, mereka yang biasa berolahraga berat seperti gym harus melakukannya sendiri di rumah.

Namun tidak semua orang punya alat gym di rumah sehingga mereka berolahraga secara mandiri dan sederhana saja. Karena kalau dibiarkan perut dan lemak akan kembali menggelambir akibat kerjaan hanya makan dan tidur saja.

Berbicara tentang mengencangkan otot perut, banyak gerakan sederhana yang bisa dilakukan, salahsatunya adalah sit up.

Sit up adalah gerakan sederhana yakni bangun dan duduk yang dipercaya dapat melatih otot panggul, perut, dada hingga paha. Sit up seringkali dikombinasikan dengan gerakan lain seperti push up, scott jam, pull up dan lainnya.

Dalam sit up, fokus orang biasanya adalah melatih otot perut agar lebih kencang. Tapi ingat, sit up harus dilakukan secara teratur setiap hari agar hasilnya kelihatan.

Manfaat Sit Up Bagi Tubuh

1. Membakar lebih banyak kalori. Sit up yang dilakukan secara teratur akan membentuk sel otot, dan sel otot lebih aktif membakar kalori dibandingkan sel lemak.

2. Memperbaiki keseimbangan tubuh. Sit up yang dilakukan dengan benar akan melatih otot di bagian panggul, pinggang, dan perut, akan mendukung keseimbangan tubuh saat beraktivitas.
Memperbaiki postur tubuh agar tidak bungkuk.

3. Memperbaiki postur tubuh. Sit up efektif dalam memperbaiki postur tubuh sekaligus membantu mengatasi sakit pinggang bawah.

4. Memperkuat otot perut. Ini merupakan tujuan utama orang melakukan sit up. Orang yang biasa sit up akan mendapat perut yang kencang.

5. Melancarkan sistem pencernaan dan menjaga sistem metabolisme

6. Mengurangi insomnia, alias susah tidur

7. Meningkatkan ukuran payudara dan manfaat kesehatan tubuh lainnya.

Cara Melakukan Sit Up yang Benar

Banyak orang yang memilih sit up sebagai olahraga demi membentuk otot perut. Namun bukannya perut kencang yang didapat malah sakit pada bagian tubuh tertentu seperti leher, pinggang, punggung dan lainnya.

Sit up juga berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar karena memicu sakit seperti yang telah dijelaskan di atas. Adapun efek samping sit up jika dilakukan dengan salah adalah:

– Nyeri pinggang

– Nyeri pada leher

– Nyeri pada punggung dan resiko lainnya.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan langkah yang benar jika ingin mendapatkan manfaat dari sit up itu sendiri. Adapun cara melakukan sit up dengan benar adalah sebagai berikut.

1. Berbaring dengan punggung menempel di lantai dan lutut yang menekuk. Kemudian tempelkan kaki ke lantai atau kaitkan kaki pada pegangan. Kalau tidak ada, mintalah seseorang untuk memegang kaki Anda.

2. Taruh tangan di samping kepala dan menyentuh telinga atau taruh tangan secara menyilang di bahu. Hindari mendorong leher ke atas.

3. Tarik napas dan angkat tubuh bagian atas serta tekukkan ke arah lutut. Hembuskan napas saat Anda melakukan gerakan tersebut.
Turunkan badan bagian atas secara perlahan ke lantai kembali dan tarik napas saat kembali ke posisi semula.

4. Pastikan Anda menurunkan seluruh bagian atas tubuh ke lantai.

5. Jangan memaksakan leher untuk menekuk bersama dengan tubuh bagian atas. Usahakan punggung bagian bawah tetap menempel di lantai dan tulang belakang membentuk huruf ā€œCā€ saat Anda sedang mengangkat tubuh ke arah lutut.

6. Bagi pemula, Anda tidak perlu memaksakan diri dengan melakukan repetisi dalam jumlah yang banyak. Pada awalnya, Anda dapat melakukan sit up sebanyak 10 repetisi dan perlahan-lahan meningkatkannya sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

7. Pakailah matras agar punggung Anda tidak sakit.

8. Jangan biarkan leher menegang. Ketika Anda berusaha bangun dari posisi terbaring di lantai, pastikan otot perut lah yang bekerja, bukan pundak dan leher Anda. Maka, bagian perut lah yang seharusnya terasa menegang atau berkontraksi. Letakkan kedua tangan menyilang di depan dada untuk membiarkan otot perut bekerja tanpa bantuan tangan.

9. Jangan tempelkan dagu di dada saat bangkit duduk. Menempelkan dagu ke dada saat melakukan gerakan crunch akan menjadi pemicu ketegangan pada leher. Pastikan ada jarak sekitar sekepalan tangan antara dagu dan dada.

10. Fokus kunci otot perut bukan mendorongny keluar. Yang Anda inginkan mungkin melakukan kebalikannya, yaitu menarik pusar Anda ke dasar tulang belakang Anda. Selama melakukan gerakan crunch, otot perut memang harus selalu dalam kondisi “dikunci” atau ditarik ke dalam. Hanya dalam kondisi “terkunci” otot perut akan bekerja.

11. Sit up tidak membuang lemak perut, jadi jangan terlalu memaksakan diri apalagi sampai menimbulkan nyeri. Jika ingin mengurangi lemak perut maka Anda harus diet dan aerobik. Lalu sit up hanya menjadi pendukung untuk membuat otot perut kencang kembali setelah lemak pergi.

Demikian ulasan mengenai sit up, pengertian, manfaat hingga efek sampingnya bila tidak dilakukan dengan benar. Semoga menambah wawasan Anda ya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *