Berita Asahan

Pertama Kali, Pasien Postif Covid-19 Asal Asahan Dinyatakan Sembuh

Pelayananpublik.id – Untuk pertama kali, pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Asahan dinyatakan sembuh.

Kendati demikian, kondisi kesehatan pasien tersebut masih harus diawasi dan menjalani perawatan kesehatan di rumah.

Terkait hal tersebut, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar menuturkan pihaknya mendapat kabar dari Gugus Tugas Covid-19 Sumut bahwa pasien yang dinyatakan sembuh adalah NS (53) warga Desa Simpang empat, Asahan.

hari jadi pelayanan publik

NS merupakan istri anggota DPRD Sumut EE (55) yang juga positif dan kini masih dalam perawaratan medis di RS Martha Friska, Kota Medan.

“Alhamdulillah, setelah menjalani perawatan medis di RS Martha Priska Medan, satu dari dua pasien yang positif dinyatakan sembuh dan saat ini sedang dilakukan proses penjemputan pasien. Selanjutnya sesuai dengan protokol Covid-19, pasien ini akan tetap diawasi dan menjalani perawatan medis di rumahnya,” ujar Rahmat dalam siaran persnya di Kisaran, Selasa (21/04/2020).

Masih menurut Hidayat, NS bersama suaminya EE dinyatakan sebagai Pasien Dengan Pengawasan (PDP), pada 6 April 2020, dan langsung di rujuk ke RS Martha Friska Medan. Selanjutnya pada 14 April, setelah mendapat hasil Swab dari Laboratorium Besar Kemenkes RI, keduanya dinyatakan positif, dan kini salah satunya yakni NS dinyatakan sembuh.

“Pasien akan tetap menjalani perawatan di rumah, karena kesehatannya akan terus dipantau. Untuk Asahan saat ini yang positif tersisa satu orang dan kini masih dalam perawatan medis,” jelas Rahmat.

Untuk data terbaru, kata Hidayat, di Kab. Asahan saat ini terdapat ODP sebanyak 46 orang, PDP 3 orang, positif 2 orang, sembuh satu orang dan meninggal satu orang.

“Kita akan terus berupaya agar penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir, dan itu tentunya memerlukan peran serta masyarakat dalam mengikuti anjuran pemerintah”, pungkas Rahmat. (sis)