Berita Asahan

Di Asahan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Diperkuat Hingga Tingkat Desa

Pelayananpublik.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan melakukan penguatan hingga ke tingkat kecamatan dan desa untuk melawan Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan, Rahmat Hidayat Siregar mengatakan, penguatan tingkat Kecamatan melalui pengembangan sistem organisasi yang responsif untuk lakukan reaksi cepat dalam penanganan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Asahan.

“Pemerintah Kecamatan dan Desa telah diinstruksikan untuk membentuk gugus tugas di wilayahnya masing-masing dengan dibantu unsur Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai garda pertama untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Asahan,” ujar Rahmat lewat siaran pers, Rabu (15/4/2020).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Lanjutnya, pasca terbentuk Gugus Tugas Kecamatan dan Desa di seluruh Asahan telah lakukan berbagai langkah dan upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayahnya.

“Dengan dibantu seluruh pihak terkait, Tim Gugus Tugas Kecamatan dan Desa telah lakukan berbagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19,” terangnya.

Rahmat menjelaskan, langkah antisipasi penyebaran Covid-19 yang telah dilakukan jajaran kecamatan dan desa yakni pembagian masker, penyuluhan kepada masyarakat, penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum maupun kendaraan angkutan umum.

“Gugus tugas di kecamatan dan desa juga menyampaikan imbauan melalui media informasi serta lakukan sweeping ke lokasi tempat keramaian di sejumlah kawasan di wilayah masing-masing,” urai Rahmat.

Lebih lanjut, dirinya sampaikan kepada masyarakat bila merasakan keluhan dan gejala terjangkit virus Covid-19 seperti demam dengan suhu tubuh di atas 38 celcius, sesak napas dan batuk kering agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat atau ke Posko Kesehatan Gugus Tugas Covid-19.

Untuk diketahui, bahwa penguatan gugus tugas di kecamatan dan desa merupakan gagasan dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, yang juga merupakan Bupati Asahan Surya bersama Wakil Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang terdiri dari unsur Forkopimda Asahan. (sis)