Berita Asahan

Video Conference, Bupati Asahan Ikuti Arahan Gubsu Soal Penanganan Covid-19

Pelayananpublik.id- Terkait percepatan penanganan Covid-19, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memberikan instruksi ke para kepala daerah di tingkat kabupaten/kota melalui video conference.

Video conference itu dilakukan dengan sekuruh kepala daerah di kabupaten/kota termasuk dengan Bupati Asahan, H Surya.

Dalam video conference yang dilakukan Selasa (14/04/2020) itu Edy mengatakan pihaknya telah menyediakan rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19 serta berusaha mendapatkan APD.

hari jadi pelayanan publik

Edy juga mengatakan Pemprovsu akan memberikan tambahan 100 APD kepada setiap Rumah Sakit yang menjadi Rumah Sakit rujukan di setiap daerah Kab/Kota di Wilayah Sumut.

“Kepada Rumah Sakit, saya instruksikan jika ada pasien Covid-19 yang meninggal di Rumah Sakit tersebut agar melakukan pemakaman sesuai dengan SOP yang berlaku”, tegas Edy.

Edy juga meminta para kepala daerah untuk bertanggung jawab menghimbau jika ada masyarakat yang meninggal karena Covid-19, hendaknya tidak mempersulit proses pemakaman tersebut.

Lebih lanjut, Gubsu juga mengatakan saat ini pihaknya sedang menunggu kedatangan alat rapid test yang nantinya akan diberikan kepada seluruh Kab/Kota yang ada di Sumut.

“Setiap daerah akan kita serahkan alat rapid test sebanyak 1000 buah yang akan dipergunakan untuk antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing”, jelasnya.

Selanjutnya terkait bantuan yang diberikan melalui APBN kepada para PKH dan masyarakat yang terkena dampak virus Covid-19, Gubsu meminta kepada Kepala Daerah untuk tidak memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai tetapi diganti dengan pemberian sembako sesuai dengan jumlah uang yang akan diterima sebesar Rp. 200.000,-.

Video conference yang dilakukan di Ruang Kerja Wakil Bupati Asahan, Bupati Asahan didampingi Para Asisten, Kepala Dinas Kominfo Kab. Asahan, Plt Kepala BPBD Kab. Asahan, Kabag Kesra Setdakab Asahan, Ketua MUI Kab. Asahan, Ketua Imtaq Kab. Asahan dan Ketua FKUB Kab. Asahan. (*)