Arti Sukses Menurut Para Ahli, Tujuan, Hingga Cara Mencapainya

Pelayananpublik.id- Mendengar kata sukses pasti menyenangkan bagi orang-orang. Karena sukses ini merupakan tujuan dari banyak orang di dunia.

Tentu saja sukses tidak dibatasi dengan makna orang yang punya banyak duit, pekerjaan bagus, dan strata sosialnya tinggi. Secara harfiah, arti kata sukses adalah berhasil. Artinya sukses ini bisa berarti berhasil dalam berbagai hal.

Seperti misalnya sukses mementaskan pagelaran seni, sukses membuat prank di jalanan, sukses putus dengan pacar dan sebagainya.

Intinya secara singkat, sukses adalah berhasil, terlepas apapun keberhasilan itu.

Pengertian sukses menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukses berarti berhasil; beruntung.

Sementara itu, menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, sukses berarti suatu kehormatan atau prestise yang dikaitkan dengan pencapaian suatu kedudukan seseorang dalam status sosialnya.

Begitupun, sukses memang berkaitan dengan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Sukses secara ekonomi akan membuat strata sosial orang meningkat yang akan mengakibatkan kepuasan pribadi seseorang.

Dan tak ada salahnya mengejar sukses secara ekonomi, karena kesuskesan juga akan membawa pertolongan kepada Anda dalam kehidupan.

Pengertian Sukses Menurut Tokoh Dunia

Seorang guru spiritual ternama, Deepak Chopra dalam bukunya The Seven Spiritual Laws of Success, mengatakan sukses adalah ekspansi kontinyu akan kebahagiaan dan realisasi yang progresif dari tujuan yang berharga.

Sedangkan Thomas Alfa Edison, mendefenisikan sukses sama dengan ambisius. Menurutnya sukses adalah 1% inspirasi dan 99% keringat.

Arianna Huffington, pemimpin Huffington Post, mengatakan sukses harus memiliki tiga metrik yakni kesejahteraan, kebijaksanaan, mimpi, dan berderma. Menurutnya faktor-faktor itulah yang menjaga psikologi kehidupan kita dan merupakan kesuksesan yang sebenarnya.

Nah, lain lagi pendapat penulis Maya Angelou. Ia mengatakan sukses adalah ketika seseorang menyukai dirinya, menyukai apa yang dilakukannya, dan menyukai bagaimana ia melakukan pekerjaannya.

Menurut CEO Zappos, Tony Hsieh sukses adalah hidup sesuai dengan nilai-nilai yang diyakininya. Menurutnya nilai dasar personal mendefinisikan siapa individu tersebut sebenarnya dan nilai dasar perusahaan pada akhirnya yang menentukan karakter dan merek produknya.

Elon Musk mengatakan sukses adalah selama Anda dapat melakukan berbagai hal menyenangkan dalam hidup.

Warren Buffet bahkan mengatakan sukses adalah ketika orang dekatmu bahagia dan mencintaimu.

Tujuan Hidup Sukses

– Mencapai apa yang diinginkan diri sendiri dan orang lain.

– Menggapai keinginan lebih cepat dari orang lain.

– Mengangkat strata sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

– Membantu merasa aman dan nyaman dalam menjalani kehidupan.

– Menjadi contoh dan inspirasi bagi orang lain.

– Membantu kehidupan ekonomi dan sosial orang lain.

Langkah Menggapai Sukses

– Rencana

Susunlah rencana apa yang ingin Anda raih baik jangka pendek atau jangka panjang serta goal akhir perjuangan Anda.

– Mulai

Sesudah menulis rencana, segera mulai berjuang. Karena jika tidak langsung memulai biasanya rencana itu akan menguap begitu saja dan terlupakan.

– Komitmen

Selama menjalankan pekerjaan berkomitmenlah agar terus menjalankannya sepenuh hati.

– Hukuman dan Reward

Beri hadiah dirimu ketika satu tujuan sudah tercapai bahkan sekecil apapun. Misalnya makan makanan yang enak, nonton bioskop dan lainnya.

Sebaliknya, hukum dirimu jika lalai, misalnya dengan berpuasa.

– Catat

Beri catatan terhadap keberhasilan sekecil apapun yang kamu raih.

– Target

Beri target waktu penyelesaian atau goal perjuanganmu. Misalnya sebulan, setahun dan sebagainya.

Tentu saja banyak faktor pendukung lain yang akan membawa Anda pada kesuksesan seperti kerja keras, koneksi, lingkungan yang mendukung bahkan keberuntungan dan lainnya.

Demikian ulasan mengenai sukses, mulai dari pengertian, tujuan, hingga cara mencapainya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *