Cara Mendapat Token Listrik Gratis dan Diskon Selama 3 Bulan dari PLN

Pelayananpublik.id – Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan mekanisme dan cara mendapatkan program kelistrikkan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Program tersebut terkait pembebasan biaya tarif listrik untuk konsumen atau pelanggan rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada pelanggan rumah tangga yang bersubidi 900 VA.

PLN akan langsung membebaskan tagihan listrik pada bulan April, Mei dan Juni 2020 bagi pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar.

Sedangkan untuk pelanggan prabayar bisa memperoleh listrik gratis 3 bulan tersebut dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. Setelah melakukan proses tersebut pelanggan akan mendapatkan token listrik senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Selanjutnya, untuk diskon tarif bagi pelanggan subsidi 900 VA pascabayar, tagihan yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi atau didiskon 50%. Untuk pelanggan subsidi 900 VA prabayar, token listrik gratis 50% akan diberikan kepada pelanggan bersubsidi dengan perhitungan dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut mekanisme atau cara pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya listrik 450 VA pascabayar dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga daya listrik 900 VA bersubsidi.

Mekanisme melalui website dengan cara:
1. Buka Alamat website www.pln.co.id, lalu masuk ke menu pelanggan dan pilih stimulus covid-19
2. Masukkan Nomor ID Pelanggan/Meteran. Lalu angka token gratis akan langsung muncul di Layar.
3. Langkah akhir, masukkan nomor/angka token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Cara kedua pelanggan bisa mengakses melalui aplikasi whatsapp (WA) ke nomor 08122-123-123. Dengan cara:
1. Buka Aplikasi WhatsApp milik pelanggan.
2. Kirim pesan WA ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk yang ada. Salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Nomor token gratis akan muncul di layar WA anda.
4. Langkah akhir, masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan mengikuti mekanisme dan cara tersebut pelanggan bisa mendapatkan token gratis senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hingga saat ini ada sekira 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA bersubsidi, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang dimasukkan ke dalam sistem.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, proses tersebut bakal tuntas dalam sepekan ke depan. Sehingga seluruh pelanggan yang mendapat listrik gratis dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani sepenuhnya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” jelas I Made Suprateka.

Dia mengatakan, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik tersebut adalah bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat prasejahtera.

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi,” pungkas Made.

Cara Lihat Listrik Subsidi atau Bukan

Untuk mengetahui meteran listrik rumah anda termasuk pelanggan PLN yang disubsidi atau bukan? Cek di aplikasi PLN.

Berikut cara mengecek status tarif listrik Anda:

1. Download aplikasi PLN Mobile, Login jika Anda sudah punya akun, masuk dari google jika belum punya akun.
2. Klik tombol informasi.
3. Klik simulasi perubahan daya.
4. Masukkan ID pelanggan Anda. Nanti akan keluar status Anda pelanggan subsidi atau bukan.

Jika yang keluar R1M/900 misalnya, artinya Anda termasuk rumahtangga mampu dan tidak akan mendapat keringanan tagihan listrik.

Jika yang keluar R1/450 maka Anda termasuk golongan yang mendapatkan gratis listrik.

Jika yang keluar R1/900 maka Anda pelanggan 900 VA yang disubsidi pemerintah. Maka Anda mendapat keringanan tagihan listrik selama 3 bulan ke depan. Namun jika untuk pelanggan 1300 VA ke atas meskipun R1 bukan termasuk pelanggan yang disubsidi.

Nah bagaimana jika Anda pelanggan listrik Prabayar? Yang tertulis jika Anda pelanggan yang disubsid adalah R1T/450 atau R1T/900. Jika yang keluar R1MT/900 maka Anda bukan pelanggan yang disubsidi.

Untuk memudahkan pembaca, pelayananpublik.id menayangkan tutorial cara mudah cek pelanggan listrik PLN yang mendapat subsidi atau tidak. Nonton videonya di bawah sini:
Sumber video dari kiriman pembaca setia pelayananpublik.id. Terima Kasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *