Masyarakat Antusias Listrik Gratis, Server PLN Malah Down

Pelayananpublik.id- Adanya kompensasi pembayaran listrik hingga 3 bulan ke depan dari PLN membuat masyarakat antusias. Apalagi ada golongan masyarakat yang akan digratiskan pembayaran listriknya akibat wabah corona yang kini melanda Indonesia.

Terkait hal itu, masyarakat pun berlomba mencari informasi soal keringanan biaya listrik itu di website PLN.

Sayangnya website PLN dengan alamat www.pln.co.id sejak kemarin, Kamis (2/4/2020) tidak bisa diakses. Diduga server PLN down karena terlalu banyak diakses oleh pengguna internet. Alhasil masyarakat pun belum bisa melihat info di website resmi tersebut.

“Iya sejak kemarin belum bisa dibuka. tulisannya hanya connection time out dari kemarin,” kata seorang warga Medan bernama Mala, Jumat (3/4/2020).

Begitu juga hari ini, website resmi PLN masih belum bisa diakses.

Mala mengatakan belum mencoba menghubungi PLN lewat telepon whatsapp untuk mendapatkan listrik gratis, namun ia sudah mendownload aplikasi PLN mobile untuk mengetahui dirinya termasuk pelanggan yang disubsidi atau tidak.

“Tadi sudah download aplikasinya, lalu sudah keluar keterangan bahwa kami pelanggan 900 VA yang disubsidi, jadi harusnya bisa dapat diskon 50 persen. Tapi pas cek website malah gak bisa-bisa,” keluhnya.

Sebelumnya, PLN mengumumkan keringanan tagihan listrik kepada pelanggan yang tidak mampu selama wabah corona.

Keringanan itu berupa listrik gratis untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA subsidi.

Caranya, warga diminta hubungi Whatsapp 08122123123 atau website www.pln.co.id.

Bagi warga pelanggan pascabayar maka langsung mendapatkan potongan tagihan tiap bulannya.

Jika warga pelanggan prabayar, maka akan diberikan kode voucher token listrik yang bisa Anda gunakan.

Caranya: buka situs www.pln.co.id, masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

Sedangkan untuk mengecek apakah termasuk pelanggan penerima subsidi atau bukan, Anda bisa melihat struk tanda bayar listrik jika tertulis R1 berarti Anda pelanggan subsidi sedangkan jika R1M maka anda bukan pelanggan yang disubsidi. Artinya tidak ada listrik gratis untuk Anda.

Berikut cara mengecek status tarif listrik Anda.

1. Download aplikasi PLN Mobile, Login jika Anda sudah punya akun, masuk dari google jika belum punya akun.

2. Klik tombol informasi

3. Klik simulasi perubahan daya

4. Masukkan ID pelanggan Anda. Nanti akan keluar status Anda pelanggan subsidi atau bukan.

Jika yang keluar R1M/900 misalnya, artinya Anda termasuk rumahtangga mampu dan tidak akan mendapat keringanan tagihan listrik.

Jika yang keluar R1/450 maka Anda termasuk golongan yang mendapatkan gratis listrik.

Jika yang keluar R1/900 maka Anda pelanggan 900 VA yang disubsidi pemerintah. Maka Anda mendapat keringanan tagihan listrik selama 3 bulan ke depan. Namun jika untuk pelanggan 1300 VA ke atas meskipun R1 bukan termasuk pelanggan yang disubsidi.

Nah bagaimana jika Anda pelanggan listrik Prabayar? Yang tertulis jika Anda pelanggan yang disubsid adalah R1T/450 atau R1T/900. Jika yang keluar R1MT/900 maka Anda bukan pelanggan yang disubsidi. (*)