Ini Dia Pelanggan Yang Mendapat Listrik Gratis dari PLN

Pelayananpublik.id- Mewabahnya virus corona atau Covid 19 di Indonesia berdampak serius terhadap perekonomian rakyat. Terutama karena pemerintah menganjurkan orang-orang untuk stay at home atau tinggal di rumah.

Dengan demikian pendapatan masyarakat berkurang dan timbul persoalan ekonomi baru.

Dari itu, Pemerintah RI memberikan bantuan kepada masyarakat salahsatunya berupa keringananan pembayaran listrik. Pemerintah melalui PLN menggratiskan tagihan listrik pelanggan selama 3 bulan ke depan.

Lantas siapa saja pelanggan yang akan mendapatkan listrik gratis tersebut?

Pelanggan yang mendapat gratis listrik selama wabah corona adalah mereka yang memakai listrik maksimal 450 VA.

Nah, golongan 450 VA merupakan rumah tangga tidak mampu dan hanya ada di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T). Mereka ini adalah pelanggan yang memakai listrik hanya untuk penerangan rumah saja tanpa barang elektronik lain.

Syarat listrik gratis PLN bagi pelanggan daya 450 VA diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020.

Menurut data PT PLN (Persero), jumlah pelanggan dengan daya 450 VA saat ini tercatat sebanyak 24 juta pelanggan. Listrik gratis PLN bagi pelanggan golongan ini berlaku selama 3 bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020

Lalu bagaimana dengan pelanggan yang memakai daya itu?

PLN juga membuat keringanan berupa diskon 50 persen bagi warga yang memakai daya listrik golongan 900 VA. Nah, golongan ini merupakan rumah tangga yang memakai listrik untuk keperluan sehari-hari dengan beberapa barang elektronik seperti televisi, kipas angin, penanak nasi dan lainnya.

Namun tidak semua pelanggan 900 VA akan dapat diskon dari PLN. Yang akan mendapat diskon atau keringanan tagihan adalah mereka yang masuk dalam daftar Kemensos sebagai penerima subsidi listrik.

Jadi jika Anda bukan penerima subsidi listrik selama ini, maka Anda akan bayar full tagihan listrik.

Gratis atau diskon listrik juga berlaku baik untuk pelanggan prabayar dan pascabayar.

Pelanggan di kategori 900 VA penerima subsidi ini berjumlah sekitar 7 juta pelanggan.

Khusus untuk pelanggan daya 450 VA dan 900 VA subsidi prabayar, maka PLN akan memberikan token listrik gratis sebagai kompensasinya.

Bagaimana cara mengetahui Anda pelanggan listrik bersubsidi atau bukan?

1. Download aplikasi PLN Mobile, Login jika Anda sudah punya akun, masuk dari google jika belum punya akun.

2. Klik tombol informasi

3. Klik simulasi perubahan daya

4. Masukkan ID pelanggan Anda. Nanti akan keluar status Anda pelanggan subsidi atau bukan.

Jika yang keluar R1M/900 misalnya, artinya Anda termasuk rumahtangga mampu dan tidak akan mendapat keringanan tagihan listrik.

Jika yang keluar R1/450 maka Anda termasuk golongan yang mendapatkan gratis listrik.

Jika yang keluar R1/900 maka Anda pelanggan 900 VA yang disubsidi pemerintah. Maka Anda mendapat keringanan tagihan listrik selama 3 bulan ke depan. Namun jika untuk pelanggan 1300 VA ke atas meskipun R1 bukan termasuk pelanggan yang disubsidi.

Nah bagaimana jika Anda pelanggan listrik Prabayar? Yang tertulis jika Anda pelanggan yang disubsidu adalah R1T/450 atau R1T/900. Jika yang keluar R1MT/900 maka Anda bukan pelanggan yang disubsidi.

Silakan hubungi Whatsapp 08122123123 atau website www.pln.co.id. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *