Pengertian Epidemiologi, Manfaat, Tujuan Serta Istilah Terkait

Pelayananpublik.id– Berbicara mengenai wabah, Anda pasti sering mendengar istilah pandemi, epidemi dan lainnya, begitu pula epidemiologi.

Apalagi saat ini pandemi Coronavirus atau Covid 19 sedang mewabah ke hampir seluruh negara di dunia. Wabah asal Wuhan, China itu juga telah menelan ribuan korban jiwa di dunia. Mempelajari pergerakan wabah ini, tentu diperlukan ilmu yang disebut epidemiologi.

Kali ini kita akan membahas tentang epidemiologi, manfaat, tujuan serta istilah-istilah terkaitnya.

Secara sederhana, pengertian epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang epidemi atau kesehatan dan penyakit dan juga faktor yang berhubungan dengan populasi.

Epidemiologi juga diartikan dengan model cornerstone penelitian kesehatan masyarakat dan juga membantu menyebarkan dan memberikan informasi kedokteran dengan basis eveidence based medicine sebagai langkah indentifikasi faktor risiko penyakit dan menentukan pendekatn penanganan khusus yang optimal.

Menurut Hirsch, epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian tentang penyebaran jenis-jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengaitkan dengan kondisi eksternal.

SedangkanJudith S. Mausner, Anita K. Bahn mengatakan epidemiologi adalah ilmu mengenai tipe penyakit dan rasa sakit pada sekelompok orang dengan faktor-faktor yang mempengaruhi penyebarannya.

Kemudian, menurut Robert H. Fletcher (1991) epidemiologi merupakan disiplin riset yang membahas tentang distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.

Sedangkan ppidemiologi menurut Liliendfeld adalah sebuah metode pemikiran tentang penyakit yang berhubungan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.

Moris (1964) menyebut epidemiologi sebagai suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.

Tujuan Epidemiologi

Epidemiologi tentu memiliki tujuan dalam kehidupan masyarakat. Adapun tujuan epidemiologi adalah sebagai berikut.

1. Menyelidiki kasus keracunan massal di sebuah kelompok masyarakat.

2. Mengetahui hubungan penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

3. Menentukan apakah hipotesis awal percobaan hewan tetap konsisten dengan data-data epidemiologis.

4. Mendapatkan informasi dan pengetahuan untuk dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam membuat perencanaan, penanggulangan masalah kesehatan, dan penentuan prioritas kesehatan masyarakat.

5. Mengetahui penyebaran, riwayat rekam medis alamiah sebuah penyakit ataupun kondisi kesehatan masyarakat.

6. Menerangkan dan mensimulasikan etiologi penyakit.

7. Meramalkan prediksi kejadian penyakit.

8. Mengendalikan penyebaran penyakit dan masalah kesehatan populasi.

Manfaat Epidemiologi

– Membuat pekerjaan administrasi kesehatan lebih ringan

– Manusia dapat meneliti sebab suatu masalah kesehatan.

– Bisa menjelaskan perkembangan alamiah suatu penyakit.

– Bisa menjelaskan kondisi suatu masalah kesehatan.

– Bisa mengadakan analisa penelitian jalannya penyakit masyarakat dan merubah yang mungkin terjadi.

– Bisa menjelaskan secara detail dan menerangkan pola penyakit kepada masyarakat.

Istilah dalam Epidemiologi

Wabah

Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya, pada komunitas tertentu atau di musim-musim tertentu. Wabah ini bisa terjadi secara terus menerus, mulai hitungan hari hingga tahun. Tidak hanya di satu wilayah, tetapi bisa juga meluas ke daerah atau negara lain.

Masyarakat sering menganggap bahwa jika terjadi penyakit menular, itu berarti telah terjadi wabah. Padahal, tidak selalu begitu. Penyakit dikatakan wabah ketika penyakit itu:

Sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat,

Datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui,

Penyakit tersebut adalah penyakit yang baru pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah itu.

Epidemi

Epidemi adalah kondisi yang mirip dengan wabah. Keadaan dikatakan epidemi jika suatu kelompok masyarakat atau wilayah terkena penyakit menular dan kejadiannya terjadi secara cepat. Salah satu contoh epidemi adalah di tahun 2003 ketika terjadi penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang mewabah di seluruh dunia dan menelan korban ratusan jiwa.

Pandemi

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi secara luas di seluruh dunia. Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama warga dunia. Contoh pandemi adalah HIV/AIDS. Tidak hanya itu, influenza yang saat ini tampak ringan pun dahulu pernah menjadi penyakit yang masuk ke dalam kategori pandemi dan menjadi masalah penyakit tingkat dunia.

Endemi

Adalah keadaan atau karakteristik wilayah atau lingkungan tertentu yang ada hubungannya dengan penyakit. Misalnya, daerah tertentu adalah tempat yang dikenal sebagai lingkungan yang masyarakatnya mudah terjangkit penyakit tertentu. Penyakit ini selalu ada di daerah tersebut tapi frekuensinya rendah. Di Indonesia, contohnya, ada daerah yang merupakan endemik malaria.

Demikian ulasan mengenai epidemiologi, mulai dari pengertian, tujuan, manfaat serta istilah terkaitnya. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.