Politisi PKS Usulkan Optimalisasi Poskamling untuk Cegah Corona

Pelayananpublik.id – Nur Agis Aulia Anggota  DPRD Fraksi PKS Kota Serang menyarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang segera melakukan optimalisasi Siskamling yang ada di kampung-kampung di Kota Serang menjadi Poskamling Corona Covid-19.

Upaya ini untuk menjaga ketertiban masyarakat di lingkungan hingga tingkat RT dan RW. poskamling corona ini dapat melakukan proteksi warga yang keluar masuk di lingkungan tersebut.

“Mencegah warga yang dari zona merah masuk ke zona hijau, atau yang PDP untuk melakukan isolasi mandiri sesuai anjuran pemerintah. Kemudian poskamling corona ini juga, upaya agar masyarakat tingkat RT RW terjaga kondusifitas dan ketertibannya,” ujar Agis melalui pesan WhatsApp, Selasa (31/03/2020).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Selain itu poskamling corona juga bisa menjadi langkah persiapan ketika Kota Serang harus melakukan karantina wilayah, sehingga di lingkungan RT RW masyarakatnya sudah terkondisikan.

“Bukan hanya itu, poskamling corona bersama RT RW, bisa digunakan untuk mulai mendata dan mendeteksi warga dari kelompok rentan, supaya bisa dengan sigap membantu apa yang dibutuhkan. Minimal di lingkungan RT RW tidak ada masyarakat yang kelaparan. Jadi bisa didorong saling bantu,” jelasnya.

Karena salah satu terbaik cara melawan corona adalah pencegahan dan langkah antisipatif.

“Saya kira Pak Wali Kota beserta jajaran Pemkot harus segera melakukan konsolidasi dengan Camat, Lurah, Bhabinmas dan Kamtibmas untuk merealisasikan langkah antisipasi ini. Segera buat arahan, edaran yang jelas dan tegas,” tegasnya. (kimi)