Pengertian Telekonferensi atau Teleconference, Tujuan, Keuntungan, dan Jenisnya

Pelayananpublik.id- Di saat musim wabah sekarang ini, warga dianjurkan melakukan physical distancing dan berdiam diri di rumah.

Bagi yang bekerja juga diharapkan bekerja dari rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Jadi semuanya bisa dikerjakan tanpa harus ada kehadiran fisik di kantor seperti mengirim file lewat email, urusan pembayaran lewat transfer bank, hingga rapat.

Nah berbicara tentang rapat, apa juga bisa dilakukan dari jarak jauh? Tentu saja bisa.

Rapat jarak jauh ini bisa didukung dengan telekonferensi atau teleconference.

Teleconferensi ini bukan hanya dilakukan oleh pejabat atau orang kantoran saja. Para pelajar juga sudah melakukannya karena anjuran belajar dari rumah. Apalagi saat ini teknologi sudah sangat mendukung telekonferensi yang bisa dilakukan dengan mudah dan bermodalkan webcam serta headphone.

Tentu telekonferensi menjadi pilihan yang bagus untuk menggantikan pertemuan-pertemuan seperti rapat, kegiatan belajar mengajar, pelatihan, dan kursus dan sebagainya bahkan pertemuan informal pun bisa dilakukan.

Apa itu telekonferensi?

Telekonferensi adalah pertemuan atau percakapan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara tiga atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi.

Tujuan Telekonferensi

– Telekonferensi secara umum bertujuan untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang lain.

– Mempersingkat waktu dan menghemat biaya pertemuan

– Menghindari wabah yang ditularkan dari manusia ke manusia karena secara fisik tidak bertemu

Namun harganya masih relatif mahal, sehingga hanya beberapa perusahaan atau organisasi yang memiliki sumber daya yang mempunyai cukup dana. Selain itu alat yang diperlukan juga masih sulit didapat.

Jenis Telekonferensi

1. Audio Conference (Conference Call)

Audio Conference adalah percakapan jarak jauh yang dilakukan beberapa orang. Ini biasanya dilakukan dengan sambungan telepon sehingga diaebut juga conference call.

Dari semua jenis telekonferensi, Conference Call paling popular karena hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa alat atau software tambahan.

Kemudian dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan digunakan.

Audio Conference bisa dilakukan tanpa perlu koneksi internet yang cepat. Karena layanan panggilan konferensi ini menggunakan jalur telepon, maka anda tidak perlu mempunyai jalur koneksi internet yang cepat.

2. Video Conference

Video conference adalah teknologi komunikasi yang mengijinkan terjadinya komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara simultan dapat mengirimkan gambar video dan suara.

Untuk melakukan video conference dapat memanfaatkan teknologi jaringan IP (melalui internet) dan teknologi ISDN (Integrated Services Digital Network).

Meskipun video conference memiliki kelebihan dengan adanya tampilan visual (video), penggunaan fasilitas telekonferensi ini masih kurang populer di Indonesia karena beberapa hal berikut :

Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (video camera atau webcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) dan audio output (speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet)

3. Web Conference

Web conference atau biasa juga disebut webinars adalah fasilitas telekonferensi interaktif yang menawarkan fitur data stream (aliran data) lebih lengkap dimana partisipan dapat berkomunikasi secara simultan menggunakan teks, suara, video hingga berbagi file (file sharing) atau melakukan slide presentation.

Untuk menjalankan web conference biasanya partisipan harus menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi internet khususnya TCP/IP connection.

Nah, melakukan web conference cukup menggunakan perangkat komputer yang dilengkapi dengan perangkat multimedia yang memadai seperti webcam, microphone dan speaker, serta koneksi internet. Jadi lebih mudah daripada video conference itu sendiri.

Cara Melakukan Web Teleconference

– Siapkan perangkat seperti PC, headphone, webcam, dan perangkat lunak (Skype, WhatsApp, VMEET, dll.) Tergantung pada sistem operasi. Pastikan webcam dan headset Anda kompatibel dengan PC Anda.

-Siapkan akun untuk perangkat lunak yang Anda gunakan atau buat akun baru.

– Tentukan lawan Anda melalui teleconference, tentu saja, dengan perangkat lunak lain.

– Buat pengaturan dan konfigurasi catatan aplikasi untuk dilihat sebagai menu.

– Saat terhubung, Anda dapat berkomunikasi dengan lawan bicara Anda.

Demikianlah ulasan mengenai teleconference mulai dari pengertian, tujuan, manfaat dan jenisnya. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *