Berita Asahan

Penanganan Covid-19 di Kabupaten Asahan, Bupati Usul Penetapan Siaga Darurat

Pelayananpublik.id – Forkum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Asahan menggelar Rapat Koordinasi di pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (24/03/2020).

Dalam rapat tersebut, Bupati Asahan Surya mengatakan akan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan melibatkan unsur Pentahelix yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, akademisi, pengusaha dan media.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, tidak melakukan tindakan berlebihan dalam membeli kebutuhan.

Selanjutnya dirinya juga instruksikan kepada jajaran instansi kesehatan, OPD dan satuan vertikal di Kabupaten Asahan agar melakukan sosialisasi dalam pengendalian risiko infeksi Covid-19.

“Saya juga mengimbau seluruh masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah. Menghindari tempat umum, keramaian apabila tidak ada kepentingan mendesak,” kata Surya.

Dalam rapat itu juga membahas agar seluruh perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar tradisonal, hotel, tempat hiburan, restoran, tempat wisata dan tempat umum lainnya agar menyediakan fasilitas cuci tangan berupa air mengalir dan hand sanitizer.

Untuk pelayanan di kecamatan, dia menginstruksikan untuk tetap monitor kondisi masyarakat dan terus berkonsultasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Asahan atau Dinkes Kabupaten Asahan.

Dalam rapat tersebut, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan dan Ketua FKUB Kabupaten Asahan meminta kepada Pemkab Asahan agar bertindak lebih sigap mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Asahan dengan menerapkan status siaga darurat.

“Dengan penerapan siaga darurat tersebut, kita dapat mengatasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan, mencari rumah sakit untuk dijadikan tempat isolasi pasien yang terjangkit virus corona, menyediakan alat-alat pelindung atau sarana dan prasarana kesehatan yang maksimal untuk tenaga kesehatan yang menangani covid-19, menyosialisasikan kepada masyarakat Asahan,” kata ketua MUI Asahan. (sis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *