Masih Banyak Orang Belum Tahu Siapa Korban Pertama Covid 19

Pelayananpublik.id- Pandemi Corona atau Covid 19 kini sedang mengguncang dunia. Kini ada ribuan korban berjatuhan akibat virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Virus jenis ini awalnya diyakini tidak menyebar dari manusia ke manusia tapi dari hewan ke manusia. Namun belakangan ternyata penyebaran virus kian masif terjadi di antara manusia.

Jadi awal munculnya kasus ini setelah ditemukan banyak orang yang terkena pneumonia di Wuhan, China. Kemudian setelah di teliti pneumonia itu disebabkan virus corona jenis baru yang kemudian ditetapkan sebagai Covid 19.

Pada 11 Januari, Cina mengumumkan kematian pertamanya karena virus itu, seorang lelaki berusia 61 tahun yang telah membeli barang-barang dari pasar makanan laut. Pengobatan tidak memperbaiki gejalanya setelah ia dirawat di rumah sakit dan ia meninggal karena gagal jantung pada malam hari tanggal 9 Januari.

Pada 13 Januari, WHO melaporkan sebuah kasus di Thailand, yang pertama di luar China, pada seorang wanita yang datang dari Wuhan.

Pada 16 Januari, kementerian kesehatan Jepang melaporkan kasus yang dikonfirmasi pada seorang pria yang juga mengunjungi Wuhan.

Pada 17 Januari, ketika kematian kedua dilaporkan di Wuhan, otoritas kesehatan di AS mengumumkan bahwa tiga bandara akan mulai menyaring penumpang yang datang dari kota.

Sedangkan korban meninggal pertama di luar China akibat Corona adalah seorang lelaki berusia 44 tahun di Filipina dari kota Wuhan di Cina.

Dilansir dari wfj.com pria itu meninggal pada Sabtu, 1 Februari 2020. Pria itu adalah salah satu dari dua kasus yang dikonfirmasi di Filipina, yang lainnya adalah temannya yang berusia 38 tahun.

Kemudian jumlah kasus berkembang secara dramatis di seluruh dunia ke lebih dari 180 negara.

Lalu siapa korban Covid 19 pertama di Indonesia?

Korban pertama Covid 19 di Indonesia adalah 3 orang perempuan yang terinfeksi dari WNA Jepang dalam acara dansa. Pasien ini kemudian disebut dengan pasien 01. Kemudian anaknya juga terjangkit menjadi pasien 02 dan 03.

Mereka kemudian diisolasi di RSPI Sulianti Saroso dan mereka sembuh.

Sedangkan pasien meninggal pertama akibat Covid 19 di Indonesia adalah seorang WNA berusia 53 tahun.

Wanita itu meninggal pada Rabu (11/3/2020) dini hari WIB. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto pasien itu masuk ke rumah sakit dalam keadaan sakit berat. Sebab, sang pasien menderita sejumlah penyakit seperti diabetes hingga gangguan paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *