Virus Corona

Cek Krisis Center Covid-19, Komisi II DPRD Kota Serang Sidak ke Dinas Kesehatan

Pelayananpublik.id – Anggota DPRD Kota Serang beserta jajarannya menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke kantor Dinas Kesehatan Kota Serang pada Rabu (25/03/2020).

Sidak itu digelar oleh Komisi II DPRD Kota Serang yang diwakili oleh Agis Nur Aulia Fraksi PKS, Rizki Kurniawan fraksi Gerindra, dan Ari Winanto fraksi PAN yang didampingi oleh kepala Dinkes Kota Serang Muhamad Ikbal beserta jajarannya.

Komisi II dengan Dinkes Kota Serang melalui krisis center Covid 19 sepakati langkah Preventif Covid 19 yang pertama, Sosialisasi pola hidup sehat secara masif dan struktur melalui kader2 kesehatan yg ada di kota serang. (Cuci tangan, etika batuk, masker untuk org yg sakit dll). Terutama masyarakat rentan dan garda depan. Seluruh kader kesehatan dikerahkan.

“Selain itu yang kedua menerapkan Social Distancing. Diseluruh pelayan kesehatan baik di Puskesmas maupun di Rumah sakit. Selanjutnya yang ketiga, melakukan pergeseran anggaran, untuk membelikan fasilitas kesehatan untuk APD, Masker dan lain-lain. Serta memastikan setiap pelayanan kesehatan, Rumah Sakit, memiliki APD,” ujar Agis kepada awak media.

Keempat, melakukan pergeseran anggaran dan siyap menggunakan dana BTT untuk persiapan bangun ruang isolasi. Dan kelima optimasi Call Center di krisis center Covid 19. untuk informasi data persebaran info-info terkait data informasi Covid 19 terpusat.

Sementara itu, Ari Winanto fraksi PAN menjelaskan bahwa kebutuhan yang sangat diperlukan oleh tenaga medis yaitu adalah APD. “Jadi APD ini mau tidak mau dimanapun barangnya wajib kita datangkan karena saat ini barangnya cukup langka sehingga kita mendorong kepada dinas kesehatan untuk segera mendatangkan itu,” tutur Ari.

Ia melanjutkan jika anggaran sudah ada maka pada saat itu juga APD tersebut harus segera dicari agar dapat langsung didistribusikan kepada para medis.

“Hal ini juga upaya kita membatu kenyamanan dan keamanan tenaga medis yang sedang berjuang membantu masyarakat yang terjangkit virus Corona,” tegasnya.

Pihaknya juga sudah instruksikan kepada Dinkes agar segera memfasilitasi, dimanapun APD ini berada dan pergeseran segera dilakukan.

“Terkait bantuan APD dari dinas kementerian kesehatan, akan segera kita jemput bola yang katanya sudah sampai di provinsi. Kita perintahkan hari ini agar segera diambil, berapa kuota untuk kota Serang akan segera kita distribusikan ke puskesmas,” tandasnya. (kimi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *