Apa Itu Disclaimer, Apa Fungsi dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Pelayananpublik.id- Jika Anda rajin membaca atau menulis di website dan blog pasti Anda sering kali menemukan kata “disclaimer”.
Disclaimer ini sering ditempatkan bersama FAQ pada sebuah tulisan maupun website.

Lalu apa arti disclaimer itu?

Pengertian disclaimer adalah kalimat peringatan untuk konsumen atau publik mengenai kualitas barang riil, artikel, anjuran, advis, ramalan dan benda abstrak lainnya.

Tujuan disclaimer adalah untuk melepaskan tanggung jawab atau memindahkan tanggungjawab dari sumber ke pengguna.

Misalnya sebuah video pada situs online mempertontonkan percobaan bunuh diri, lalu ada disclaimernya bahwa apapun pemilik website tidak bertanggungjawab atas perubahan perilaku penonton yang akan menonton videonya.

Jadi misalkan si penonton jadi trigerred atau malah berniat bunuh diri, itu bukan lagi tanggungjawab di pengunggah video.

Pada intinya, disclaimer adalah pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

Begitupun, Kejaksaan Agung RI pernah mengatakan disclaimer tidak serta merta bisa melepaskan tanggungjawab hukum seseorang.

Jika ada terjadi kasus hukum, jaksa juga akan melihat profil dari seorang tersangka, terutama untuk mengetahui apakah yang bersangkutan mempunyai catatan kejahatan. Pada prinsipnya, sah-sah saja menempatkan semacam barrier (disclaimer) di sebuah sistem elektronik, tapi orang yang bersangkutan tetap wajib untuk mengawasi/mengatur lalu lintas informasi. Demikian dilansir dari situs hukumonline.com.

Dalam sebuah website, kadang ditemukan disclaimer dalam bentuk sebuah halaman dengan paragraf pendek yang berisi twntang penolakan atas kerugian dan kurang akuratnya informasi yang diterima pengguna situs tersebut.

Namun ada pula disclaimer yang dibuat panjang lebar memuat seluruh hal contohnya Hukum, Konten Anda, Iklan, Afiliasi dan lain-lain dari blog itu sendiri, biasanya pemiliki blog akan menggunakan layanan Discalimer Online agar tidak perlu repot dan lebih mudah membuat disclaimernya.

Dengan kata lain, disclaimer akan membatasi tanggung jawab Anda kepada orang lain sekaligus melindungi kekayaan intelektual atau hak cipta Anda di website milik Anda.

Fungsi Disclaimer

Dari penjelasan di atas Anda tentu bisa menyimpulkan fungsi disclaimer itu sendiri bagi Anda dan website Anda.

Jadi jika ada yang bertanya apakah disclaimer itu berguna? Ya itu berguna di blog atau website dengan tujuan tertentu tergantung kebutuhan Anda.

Misalnya, jika website Anda menawarkan informasi dan tips kecantikan, disclaimer ini bisa membantu Anda untuk membatasi tanggung jawab Anda untuk informasi medis yang Anda berikan.

Kalau Anda menjalankan blog Pariwisata yang menggunakan banyak foto-foto anda sendiri, Disclaimer akan berguna untuk menyajikan informasi hak cipta dan melindungi hak Anda atas karya Anda.

Kalau website Anda menggunakan tautan afiliasi untuk visitor melakukan pembelian, Disclaimer afiliasi (seperti penafian untuk Amazon Associates) dapat memberi tahu pengguna bahwa Anda akan memperoleh keuntungan finansial jika mereka mengeklik tautan Anda.

Disclaimer dapat dimasukkan dalam konten halaman syarat dan ketentuan. Tapi, bukan berarti disclaimer sama hal dengan TOS dan Privacy Policy, meskipun dimuat dalam halaman yang sama tapi secara fungsi akan tetap berbeda.

Cara membuat disclaimer

Membuat disclaimer dalam website bisa dilakukan dengan dua cara yakni generator atau otomatis dan dengan cara manual.
Berikut panduan membuat disclaimer generator.

– Kunjungi situs Disclaimer Generator .

– Isi data-data yang diminta dari mulai Judul Situs, Link Situs, Link Kontak, Email Kontak dan Centang No Encryption.

– Klik tombol Generator Disclaimer.

– Salin atau Copy seluruh script yang sudah disediakan

– Buat halaman untuk meletakkan script tadi,

– Masuk menu wordpress Laman dan Tambah Baru. Setelah itu buat judul nya Disclaimer dan ubah dari mode Visual jadi Teks dan pastekan script tadi.

– Untuk pengguna blogger, silahkan login akun blogger anda. Setelah itu pilih Laman dan pilih Laman Baru untuk menempatkan script tadi, setelah itu ketikkan judulnya Disclaimer dan ubah mode Compose menjadi HTML dan pastekan script tadi.

Bagaimana gampang kan?

Demikian ulasan mengenai disclaimer mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara membuatnya. Semoga bermanfaat ya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *