Sumut Belum Kebagian Distribusi 100 Ribu APD Penanganan Corona

Pelayananpublik.id – Pemerintah Indonesia telah mendistribusikan sebanyak 100 ribu unit Alat Pelindung Diri (APD) untuk virus corona covid-19 ke beberapa wilayah dengan skala prioritas.

Dari informasi yang diterima Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) belum mendistribusi APD tersebut ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Menurut laporan yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dari 100 ribu APD tersebut sebanyak 40 ribu unit APD telah disalurkan menuju Balai Kota DKI Jakarta dengan pengawalan dari Kodam Jaya pada Minggu (22/3/2020) malam.

Kemudian sebanyak 25 ribu unit APD diterbangkan menuju Semarang, DI Yogyakarta, Surabaya dan Bali pada hari ini Senin (23/3/2020) dari Bandung.

Selanjutnya sebanyak 25 ribu unit APD didistribusikan untuk wilayah Jawa Barat, Bogor dan Banten. Sedangkan 10 ribu unit APD akan disimpan sebagai cadangan.

Adapun dalam hal ini pihak penerima distribusi APD di tiap-tiap daerah adalah Komando Daerah Militer (Kodam) sebagai Gugus Tugas Daerah.

“Setelah diterima oleh Kodam, maka selanjutnya APD tersebut disalurkan menurut skala prioritas masing-masing,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo.

Dari informasi tersebut, Provinsi Sumut belum mendapat daftar untuk distribusi APD penanganan corona.

Padahal saat ini RSUP H Adam Malik sebagai rumah sakit rujukan penanganan corona di Sumut sedang membutuhkan APD dan perlengkapan/peralatan medis.

Bahkan, pihak RSUP H Adam Malik melalui media sosial sampai minta tolong kepada masyarakat umum untuk mendapatkan APD.

(gambar: tangkapan layar akun instagram RSUP H Adam Malik)

Hingga saat ini, RSUP H Adam Malik merawat sebanyak 13 PDP covid-19. Lalu sebanyak 2 pasien positif, satu di antaranya telah meninggal dunia. Sedangkan jumlah kumulatif PDP di Sumut sebanyak 48 PDP yang tersebar di 5 kabupaten/kota.

Terkait Sumut yang belum masuk dalam daftar APD tersebut, BNPB belum memberikan keterangan jadwal pendistribusian ke Sumut.

“Nanti dapat juga,” kata Agus saat ditanya mengenai distribusi APD ke Sumut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.