Duh… Hari Ini Dolar Tembus Rp16 Ribu, Corona Memperburuk Kondisi Ekonomi

Pelayananpublik.id – Berdasarkan data yang ditampilkan google.com, hari ini rupiah kembali melemah terhadap dolar amerika serikat (AS).

Sebelumnya pada hari Selasa (17/3/2020), nilai tukar dolar AS terhadap rupiah mencapai Rp15.077 pada pukul 05.30.

Untuk hari ini, dolar AS bahkan sempat menembus Rp16.012. Angka ini jadi yang terburuk sepekan terakhir setelah isu virus corona merebak.

Untuk diketahui, google menampilkan data yang disediakan oleh Morningstar untuk Mata Uang dan Coinbase untuk Cryptocurrency.

Sebelumnya diberitakan, Wabah Corona memberikan dampak signifikan pada perekonomian global termasuk Indonesia. Di Indonesia Corona juga berdampak pada pelemahan rupiah terhadap Dolar AS.

Dikutip dari data perdagangan Reuters, Jumat (13/3/2020), nilai tukar dolar AS terhadap rupiah pagi ini. Dolar menguat signifikan di level Rp 14.810/US$. Angka tersebut tercatat menguat 300 poin (2%) hari ini.

Selain karena wabah Corona, faktor yang membuat rupiah tertekan adalah turunnya harga minyak mentah dunia.

Dari data RTI, dolar AS pagi ini tercatat menguat 298 poin atau 2,05% terhadap rupiah. Nilai tukar dolar AS tercatat di level Rp 14.820.

Dolar AS pagi ini juga terpantau menguat terhadap mata uang dolar Australia, euro, dan yen Jepang. Sebaliknya, pagi ini melemah terhadap poundsterling, yuan China, dolar Singapura.

Rupiah sendiri pagi ini terpukul terhadap mayoritas mata uang negara utama dunia. Rupiah kalah unggul terhadap dolar Australia, yuan China, dolar Singapura, dan euro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *