Antisipasi Covid-19, DPK Kota Serang Ajak Masyarakat “ke Perpustakaan” Melalui Epusda

Pelayananpublik.id – Antisipasi Penularan Virus Corona, banyak upaya Pemerintah Daerah telah lakukan dari mulai kegiatan belajar mengajar menjadi dirumah, menghentikan kegiatan yang melibatkan keramaian, beberapa tempat wisata di Banten kini ditutup yakni taman Nasional ujung kulon. Dan mulai hari ini guru-guru juga diperbolehkan untuk bekerja di rumah.

Bukan hanya itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang juga melakukan upaya yang sama, untuk 14 hari kedepan masyarakat Banten khususnya di kota Serang tidak lagi dapat pergi berkunjung ke perpustakaan hanya sekadar meminjam atau membaca buku.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala DPK Serang Wahyu Nurjamil, saat diwawancarai wartawan sesuai acara rapat koordinasi bersama Wali Kota Serang dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Rabu, (18/03).

“Mulai hari ini kita untuk sementara menutup perpustakaan keliling (Pusling) dan Perpustakaan Daerah, serta kita juga membuat surat imbauan untuk perpustakaan sekolah supaya tidak melayani selama dua Minggu kedepan agar mengurangi resiko penyebaran Covid-19,” kata Wahyu.

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ketiap-tiap kecamatan untuk pemasangan spanduk terkait dengan instruksi dari Wali Kota Serang bahwa masyarakat kota Serang dapat mengakses perpustakaan digital melalui Epusda. Diberikan juga gambar cara mendownload di play store, beserta cara memakainya.

“Kami sangat bersyukur ya dengan adanya Epusda yang telah diluncurkan tahun ini, dengan ini masyarakat lebih mudah mengakses buku yang ingin mereka baca,” ungkapnya.

Selain sosialisasi melalui spanduk, pihaknya juga telah mengirimkan broadcast dibeberapa pegiat literasi seperti mitra TBM.

“Kenapa upaya ini dilakukan karena semenjak beberapa tahun belakangan ini, jumlah pengunjung di Pusda itu Alhamdulillah meningkat dengan kondisi ruangan yang tidak begitu luas sehingga akan mudah sekali penyebaran Virus itu, kalau tidak kami hentikan dulu,” imbuhnya.

Untuk informasi soal jumlah pengunjung yang meningkat dapat mencapai sekitar 70 orang bahkan lebih. (kimi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.