Saran Ombudsman Banten Terkait Penanganan Virus Corona Agar Masyarakat Tidak Panik

Pelayananpublik.id – Baru-baru ini ramai diperbincangkan soal 4 warga Banten yang positif terkena Virus Corona, hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) melalui siaran video diakun Facebook pribadinya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten Dedy Irsan mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Banten melalui Organisasi Perangkat Daerah yang ditunjuk oleh Gubernur yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten atau Dinas Kesehatan diminta untuk memberikan layanan informasi terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan Virus Corona.

“Ini khususnya di Provinsi Banten, informasi-informasi apa saja yang bisa dibuka dan diinformasikan ke publik harap disampaikan secara terbuka sehingga informasi yang diterima tidak simpang siur, apa yang harus dirahasiakan tentunya juga harus dirahasiakan misalnya identitas pasien atau yang lainnya,” ujar Dedy saat dihubungi oleh wartawan Pelayananpublik.id pada Jumat (13/03/2020).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Menurutnya Pemprov Banten perlu mengedukasi masyarakat bagaimana mencegah tertular dari virus corona dan apa yang harus dilakukan jika sudah mengalami gejala-gejala seperti terkena virus corona, itu harus disampaikan kepada masyarakat.

“Ombudsman meminta masyarakat untuk tidak panik tetapi perlu untuk terus waspada dalam menghadapi bahaya virus corona dengan melakukan pencegahan pencegahan seperti yang disarankan oleh dokter yang berwenang,” jelasnya.

Selain itu, Ombudsman Banten juga meminta kepada Pemprov Banten untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam penanggulangan wabah virus corona sehingga bisa lebih mudah untuk melakukan antisipasi serta tindakan-tindakan medis yang harus dilakukan bisa berjalan dengan lancar jika koordinasi yang terjadi juga lancar.

“Dan kepada pihak-pihak yang tidak berkompeten untuk memberikan penjelasan untuk menahan diri, sehingga informasi yang diterima di masyarakat tidak simang siur apalagi sampai informasi yang hoak, ini sangat kita sayangkan kalau sampai terjadi, negara harus hadir khususnya Pemprov Banten dan tentunya semua pihak harus bersama sama melakukan upaya-upaya agar dampak dari virus corona ini segera berakhir,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Almuktabar yang dihubungi Via Telpon menyaktakan Pemprov Banten sedang berusaha untuk menggandeng pihak swasta dalam melakukan penanggulangan corona melalui langkah-langkah Preventif yaitu kegiatan-kegiatan untuk pencegahan virus corona.

“Lalu langkah kuratif yaitu penanganan jika sudah mengalami suspect atau positif corona dengan rumah sakit swasta yang memiliki alat alat kesehatan yang memadai serta yang terakhir langkah promotif yaitu edukasi ke masyarakat agar tidak panik dan tetap tenang serta waspada dan lain sebagainya,” ucap Almuktabar. (kimi)