Berita Asahan

Imbas Virus Corona, Sudah 3 Pekan Apotek di Asahan Kehabisan Stok Masker

Pelayananpublik.id – Penyebaran virus corona di Indonesia berimbas pada tingginya permintaan masker. Dampaknya, sejumlah apotek di Kabupaten Asahan khususnya di seputaran Kota Kisaran dalam 3 pekan terakhir kehabisan stok masker.

Tak sekedar langka, animo masyarakat yang tinggi juga mengakibatkan harga jual masker per box melambung tinggi.

Ana, salah seorang pekerja apotek di Kisaran kepada awak media, hampir sebulan terakhir persediaan masker di apotek mereka kosong.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Kalaupun persediaan ada, pasti langsung habis diborong warga bang”, ujar Ana.

Masih menurut Ana, ketersediaan masker yang langka mungkin disebabkan pemberitaan terkait penyebaran virus corona sehingga masyarakat lakukan antisipasi awal dengan penggunaan masker.

“Itu juga ditambah warga tak lagi membeli masker secara eceran, malah mereka kalau beli minimal 1 box isi 50,” tandas Ana.
Kelangkaan masker juga dikeluhkan masyarakat calon pembeli masker, Rahmat.

“Saya sudah cari di enam apotek di Kisaran, tapi tak ada yang punya stok masker”, kata Rahmat pada awak media.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Dinkes, Nurdin Safrin Sanja Hutahean ketika dikonfirmasi mengakui hal tersebut. Disinggung terkait solusi permasalahan itu, Safrin imbau masyarakat untuk antisipasi penyebaran virus corona melalui penggunaan masker saja.

“Untuk antisipasi virus corona, masyarakat hendaknya menjaga pola hidup yang bersih dan sehat, konsumsi gizi seimbang serta membatasi ruang gerak terhadap tempat-tempat keramaian yang rawan terhadap penyebaran virus tersebut,” ujar Safrin.

Lebih lanjut Nurdin sampaikan kebijakan Dinkes Asahan terhadap antisipasi virus corona masih mengacu pada petunjuk Kemenkes, seperti membentuk tiga tim (enam dokter dan 12 perawat) dari tujuh puskesmas yang ada di wilayah pesisir Kabupaten Asahan serta berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam menangkal penyebaran virus corona yang dimungkinkan lewat TKI ilegal. (sis)