Apa Itu Seni, Manfaat, Fungsi, Tujuan Hingga Jenisnya

Pelayananpublik.id- Seni adalah hal yang sehari-hari terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kata seni itu sendiri bukan lagi menjadi istilah asing di telinga masyarakat.

Seni bahkan ada di berbagai aspek. Seni dikenalkan di sekolah, di kampus, televisi, internet bahkan di jalanan pun Anda bisa dengan mudah menemukan seni. Karena seni itu ada banyak macamnya serta bisa menjelma dalam kehidupan sehari-hari.

Manusia juga sudah sejak dahulu kala mengenal seni, sebab banyak bukti manusia telah mengenal seni sejak zaman prasejarah.

Lalu apa sebenarnya defenisi seni itu?

Secara umum bisa dikatakan seni merupakan segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur atau hal berbau keindahan serta mampu membangkitkan perasaan dirinya sendiri maupun orang lain saat melihat atau mendengarnya.

Karena terkait keindahan, maka seni erat kaitannya dengan sesuatu yang menghibur atau membuat perasaan manusia senang.

Asal mula kata Seni sendiri adalah dari Bahasa Sansekerta yakni “Sani” yang artinya persembahan atau pemujaan.

Sedangkan menurut Padma Pusphita, seni adalah pengembangan dari kata “Genie” dalam Bahasa Belanda yang juga berarti genius dalam bahasa Latin.

Alexander Baum Garton berpendapat seni adalah keindahan dan seni merupakan tujuan yang positif menjadikan penikmat dalam rasa kebahagiaan.

Sementara, Aristoteles memaparkan pengertian seni yakni bentuk yang pengungkapan dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah tiruan alam.

Kemudian, seni menurut Ki Hajar Dewantara adalah hasil keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya. Dan perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah itu disebut seni.

Immanuel Kant menyebut seni sebagai sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Pendapat ahli selanjutnya adalah Sudarmadji yang menyebut seni sebagai segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

Terakhir, seni menurut James Murko merupakan penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar, penglihatan, gerakan.

Fungsi Seni

Seni tentu memiliki fungsi baik untuk penciptanya maupun untuk para penikmatnya. Seni juga ternyata memiliki banyak fungsi, bukan hanya sekedar hiburan belaka. Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan mengenai seni berikut.

1. Fungsi Individu yakni seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia seperti:

– Kebutuhan Fisik

Seni terapan memang mengacu kepada pemuasan kebutuhan fisik sehingga segi kenyamanan menjadi suatu hal penting.

– Kebutuhan Emosional

Manusia adalah sarang dari emosi seperti perasan sedih, senang, marah, takut dan sebagainya. Untuk mengeluarkan emosi tersebut dari sarangnya maka manusia menggunakan seni. Contohnya saat seseorang sedih, ia bisa mengungkapkannya dengan puisi atau lagu, saat takut ia bisa menuangkannya dalam gambar, dan saat stress ia bisa menyaksikan pertunjukan komedi.

2. Fungsi Sosial yakni seni sebagai pemenuhan kebutuhan sosial seseorang. Contoh fungsi sosial dari seni adalah:

– Pendidikan

Individu dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan lewat seni.

– Keagamaan/Religi

Dalam agama-agama tertentu persembahan seni seperti tari dan suara menjadi hal penting ketika pemujaan. Misalnya saja Hindu yang mempersembahkan tarian untuk para dewa.

Selain itu fungsi religi pada seni dapat dilihat dari busana/ pakaian, lagu rohani, upacara pernikahan, upacara kematian, kaligrafi, dan lain-lain.

– Informasi

Melalui seni juga dapat menjelaskan informasi kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya tak hanya tulisan dan angka, pesan bergambar dapat lebih dipahami dengan cara menyenangkan.

Atau contohnya informasi tentang manfaat KB dari pemerintah yang menggunakan sketsa atau mini drama lalu disampaikan lewat televisi.

– Hiburan

Sebagian besar hiburan mengandung unsur seni baik itu seni rupa, suara, peran dan lainnya. Dengan demikian para pelaku seni dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif.

Seorang seniman dapat merasakan senang, terharu, marah, ketika karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.

Manfaat Seni

1. Dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan baik kepada pencipta maupun penikmatnya.

2. Membebaskan ekspresi dan emosi dalam diri penciptanya.

3. Memperkaya wawasan dan pengetahuan daripada sekedar menikmati seni saja.

4. Mempertajam rasa kemanusiaan serta emosi

Jenis Seni

Seperti yang telah dijelaskan di atas ada banyak sekali jenis seni yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari baik itu seni rupa, seni suara dan lainnya. Berikut penjelasannya.

1. Seni Rupa

Seni rupa adalah karya seni yang dapat disaksikan dinikmati melalui media penglihatan, atau visual art.

Seni rupa ini berfokus pada karya yang memiliki wujud dan rupa seperti lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia, dan semacamnya.

2. Seni Sastra

Kalau seni rupa berfokus pada karya yang berwujud gambar dan bentuk, maka karya sastra berfokus pada kata-kata.  Contoh seni sastra misalnya puisi dan kaligrafi.

3. Seni Musik

Seni musik adalah seni yang dapat dinikmati dengan indra pendengaran. Seni musik tersiri dari bunyi-bunyian yang membentuk irama indah dan enak didengar. Jenis seni musik adalah bunyi alat musik, seni tarik suara, beatbox, acapela dan semacamnya.

4. Seni Tari

Tari-tarian merupakan bentuk seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Dari gerakan-gerakan tari para penari bisa mengekspresikan perasaan mereka serta pesan-pesan yang ingin disampaikan.

5. Seni Teater

Seni teater merupakan seni yang mempertunjukkan imajinasi atau menggambarkan buah pikir seseorang. Hasil imajinasi tersebut berhubungan dengan perilaku mahluk hidup, baik secara individu maupun kelompok.

Demikian ulasan mengenai pengertian seni, fungsi, manfaat hingga jenisnya. Semoga bisa menambah wawasan Anda ya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *