Apa Itu Implementasi, Tujuan Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Implementasi merupakan kata yang jamak terdengar di telinga masyarakat. Implementasi ini identik dengan tindakan penerapan, pengaplikasian suatu teori atau ilmu atau rencana dalam kehidupan nyata.

Biasanya implementasi diperlukan sebagai bukti keseriusan dari teori atau rencana seseorang. Jadi seseorang yang suka berteori tanpa ada implementasi nyata dalam kehidupan serinh disebut pembual.

Sebelum membahas lebih lanjut mari kita simak dulu pengertian implementasi dari pandangan umum serta menurut pendapat para ahli.

Implementasi adalah suatu penerapan atau tindakan nyata yang dilakukan dengan berdasarkan suatu rencana yang telah/sudah disusun atau dibuat dengan cermat serta juga terperinci sebelumnya.

Jadi dapat disimpulkan kalau implementasi itu bermuara pada suatu mekanisme. Karena hasil yang dicapai dari implementas tersebut haruslah sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian implementasi. Seperti Profesor Tachjan yang mengatakan implementasi adalah sebuah tindakan atau kegiatan atau aktivitas yang dilakukan setelah adanya kebijakan.

Menurut Budi Winarno implementasi adalah tindakan yang harusnya itu dilakukan oleh sekelompok individu yang ditunjuk dalam penyelesaian sebuah tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sementara, Hanifah Harsono (2002:67) mengatakan implementasi sebagai suatu proses untuk dapat melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan didalam rangka penyempurnaan pada suatu program.

Menurut Nurdin Usman (2002:70) implementasi adalah tindakan yang bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan atau juga aktivitas yang dilakukan dengan secara sistematis serta terikat oleh mekanisme.

Dan menurut Pressman dan Wildavsky implementasi adalah tindakan yang dilakukan agar dapat melaksanakan, mewujudkan, sekaligus menyelesaikan kewajiban atau juga kebijakan yang telah dirancang.

Tujuan Implementasi

Sesuai dengan pengertian implementasi yang telah dijabarkan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa tujuan utama implementasi ialah untuk melaksanakan rencana yang telah disusun dengan sistematis, cermat dan teliti, baik itu oleh individu atau juga kelompok.

Tujuan lainnya adalah untuk menguji dan mendokumentasikan suatu prosedur didalam penerapan rencana atau juga kebijakan.

Kemudian imolementasi juga bertujuan untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang hendak akan dicapai di dalam perencanaan.

Tujuan implementasi adalah untuk dapat mengetahui kemampuan masyarakat didalam menerapkan suatu kebijakan atau juga rencana sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, implementasi juga bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu kebijakan atau rencana yang telah/sudah dirancang demi perbaikan atau peningkatan mutu.

Contoh Implementasi

Implementasi merupakan kata yang terdengar dalam kehidupan sehari-hari, sehingga cukup mudah menemukan contohnya.

Misalnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan pelajar di sekolah. Misalnya, taat beribadah, membantu sesama dan tidak melakukan bullying, menghargai perbedaan SARA di lingkungan kelas dan sekolah, melakukan permusyawarahan dalam mengambil keputusan serta memberikan keadilan di lingkungan sekolah.

Contoh lain adalah implementasi Kebijakan Publik

Seperti yang diketahui, pemerintah mempunyai pertimbangan setiap mengeluarkan sebuah kebijakan publik, misalnya seperti kebijakan publik di bidang pendidikan.

Nah, setiap kebijakan publik pada bidang pendidikan tentu ada tujuan yang ingin dicapai. Seperti misalnya implementasi kebijakan pada bidang pendidikan;Pergantian kurikulum yang tujuannya supaya pendidikan di Indonesia itu semakin maju.

Demikian ulasan mengenai apa itu implementasi, mulai dari pengertian tujuan hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *