Pengertian Musik, Sejarah, Unsur dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Musik merupakan salahsatu instrumen yang mewarnai kehidupan manusia. Musik bisa menjadi sarana untuk menghibur manusia juga mengekspresikan perasaan manusia tersebut.

Setiap manusia pasti menyukai salahsatu atau beberpa genre musik misalanya musik dangdut, pop, rock dan sebagainya.

Pengertian musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama

Musik adalah hasil pengolahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo.

Unsur Musik

1. Melodi

Melodi merupakan unsur penting dalam musik. Yang dimaksud dengan melodi adalah sebuah kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Melodi juga akan menjadi daya tarik dari suatu musik.

2. Irama

Kemudian, unsur selanjutnya adalah irama yang merupakan pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Irama juga adalah penentu ketukan dalam musik.

3. Birama

Lain irama lain pula birama, birama adalah unsur seni yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara teratur di waktu yang bersamaan.

Birama yang nilai penyebut nya genap disebut birama bainar san birama yang penyebut nya ganjil disebut birama tenair

4. Harmoni

Harmoni dalam musik adalah sekumpulan nada yang apabila dimainkan bersama-sama akan menghadirkan sebuah bunyi dapat dinikmati atau enak didengar.

Harmoni bisa diartikan sebagai rangkaian akor-akor yang disusun sesuai dan dimainkan sebagai iringan musik.

5. Tangga Nada

Tangga nada adalah deret nada yang disusun bertingkat. Tangga nada ini disusun menjadi 7 buah nada yakni Do Re Mi Fal Sol La Si.

6. Tempo

Setelah tangga nada unsur berikutnya adalah Tempo. Merupakan ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan, semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut.

Ada 8 kategori tempo:

– Largo (Lambat Sekali)

– Lento (Lebih Lambat)

– Adagio (Lambat)

– Andante (Sedang)

-Moderato (Sedang Agak Cepat)

– llegro (Cepat)

– Vivace (Lebih Cepat)

– Presto (Cepat Sekali).

7. Dinamika

Unsur lagu yang lain adalah dinamika. Dinamika ialah tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau keras. Dinamika ini juga merupakan unsur penting dalam musik karena dapat menunjukan nuansa sebuah lagu (sedih, senang, riang, agresif, datar, dll).

8. Timbre

Timbre dalam musik adalah kualitas atau warna bunyi. Keberadaan timbre ini sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan juga cara bergetarnya.

Dengan demikkan timbre yang dihasilkan alat musik tiup akan berbeda dengan alat musik petik, meskipun dimainkan di nada yang sama.

9. Ekspresi

Ekspresi merupakan ungkapan perasaan dari dalam hati yang tertuang dalam musik. Ekspresibisa ditunjukkan melalui ekspresi, apakah gembira, sedih, romantis, dan lainnya.

Jenis Jenis Musik

1. Pop

Salahsatu jenis musik yang mendunia adalah Pop atau populer. Merupakan bentuk modern dari rock and roll. Terbentuk tahun 1950-an. Jenis musik ini pun dimainkan di berbagai negara contohnya Pop Melayu dan Pop Korea atau K-Pop.

2. RnB

RnB singkatan dari ‘rhythm & blues‘ adalah genre yang cukup populer yang berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an

3. Rock

Rock adalah musik populer yang berasal dari musik rock and roll di AS tahun 1950-an.
Musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dll. Musik rock fokus pada gitar listrik. Grup band rock didominasi oleh lelaki. Nah, ini juga merupakan musik yang digandrungi pria maupun wanita. Contoh band rock adalah Avenged Sevenfold, Gun and Roses, Slank, J-Rock dan sebagainya.

4. Dangdut

Merupakan genre musik andalan di tanah air kita. Bentuk musik ini berpusat dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Ciri khas dari musik dangdut adalah bunyi gendang dan sulingnya. Penyanyi yang paling terkenal dengan ratusan lagunya yaitu raja dangdut, Rhoma Irama.

5. Blues

Blues merupapakan musik yang berasal dari Afrika-Amerika dan muncul pada abad ke 19. Ciri musik blues adalah lirik awalnya yang terdiri dari 1 baris yang diulang 4 kali.

7. Country

Bagi Anda yang menyukai lagu- lagu Taylor Swift pada dahulu, maka Anda juga mendengar musik country. Karena pada awal debutnya, Taylor sering membawakan lagu dengan genre musik country.

Jenis musik ini berasal dari AS selatan di Atlanta dan Georgia tahun 1920. Ciri khas musik country adalah sebagian besar menggunakan instrumen string.

Musik ini juga identik dengan koboi. Musik ini enak didengar saat melakukan perjalanan jauh dan mengawali hari.

7. Electronic

Seperti namanya, jenis musik ini juga anti ribet karena sepenuhnya menggunakan teknologi elektronik, contoh alat musiknya adalah gitar listrik, telharmonium, dan organ hammond.

8. Hip Hop

Merupakan jenis musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis.

9. Jazz

Jazz juga merupakan aliran musik yang lumayan tua. Jazz lahir di Afrika-Amerika di akhir abad ke-19. Musik ini dikenal memiliki alunan yang merdu. Jazz mendapatkan pengaruh besar dari budaya Afrika Barat dan Eropa.

10. Klasik

Jenis musik yang berakar pada tradisi musik Barat dan sudah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal misalnya Beethoven, Johann Sebastian Bach dan lainnya.

11. Reggae

Jenis musik lainnya adalah Reggae. Regae ini masjh terpengaruh oleh jazz Amerika dan RnB. Salah satu elemen yang paling mudah dikenali dari musik reggae adalahritme off beat Myang berasal dari gitar atau piano. Penyanyi lagu bergenre reggae yang mendunia adalah Bob Marley.

Fungsi Musik

– Mengungkapkan emosi,

– Memperlancar konsentrasi

– Musik berfungsi sebagai sarana hiburan, contohnya jika suatu upacara telah dimulai maka akan dibunyikan musik khusus sebagai isyarat bahwa upacara telah dimulai.

-.Meningkatkan kecerdasan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan.

– Sebagai pengiring tarian, musik juga digunakan sebagai pengiring tarian.

– Sebagai Pengiring pertunjukan, pentas drama dan film selalu diiringi musik yang disesuaikan dengan suasana adegannya.

– Sebagai sarana pendidikan, musik juga dapat digunakan sebagai sarana penyampaian nasehat yang mendidik anak.

Demikian ulasan mengenai musik mulai dari pengertian, fungsi, dan jenisnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.