Berita Asahan

45 Kepala Desa Terpilih di Kabupaten Asahan Mengikuti Pembekalan

Pelayananpublik.id – Sebanyak 45 Kepala Desa Terpilih Tahun 2019 se-Kabupaten Asahan ikuti pembekalan di Hotel Marina Kisaran, Senin (09/03/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Asahan, M. Azmy Ismail mengatakan calon kepala desa terpilih yang telah dilantik wajib mengikuti pelatihan awal masa jabatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut Azmy menyampaikan tujuan dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk memberikan pembinaan mental dan disiplin, terutama dalam penyampaian laporan realisasi penyerapan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang wajib disampaikan secara periodik.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Pembekalan ini diharapkan mewujudkan Kepala Desa hasil Pilkades serentak tahun 2019 yang siap melaksanakan tugas dan kewajiban dalam menjalankan roda pemerintahan Desa sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terang Azmy.

Pembekalan untuk kepala desa itu mengusung tema “Tingkatkan Kinerja Menuju Asahan Yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri”.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya dalam sambutannya berpesan kepada para Kepala Desa yang baru dilantik terkait makna implisit yang telah disandang seorang Kepala Desa sebagai Pamong yakni, memberikan pelayanan dengan mengedepankan kewajiban daripada hak sebagai pemimpin di desa, mengayomi secara adil seluruh lapisan elemen yang ada ditengah tengah masyarakat, bekerja tanpa pamrih untuk melayani kepentingan masyarakat.

Membina hubungan kerja yang baik dengan BPD, LPM, PKK dan menjalin koordinasi aktif, dengan berbagai pihak, organisasi dan lembaga kemasyarakatan lainnya, menguasai administrasi pemerintahan desa dan mentaati peraturan dan perundang undangan yang berlaku serta loyal terhadap atasan baik aparatur Kecamatan maupun aparatur Kabupaten.

Lebih lanjut Surya berharap agar narasumber dapat memberikan pembekalan kepada para kepala Desa dengan pengetahuan yang maksimal dengan menggunakan metode yang praktis dan mengacu kepada peraturan dan perundang undangan yang berlaku.

“Melalui pelatihan ini saya harap dapat memunculkan pemimpin-pemimpin di desa yang mengerti tugas dan tanggung jawabnya, memahami segala peraturan serta mampu menggerakkan seluruh potensi masyarakat menuju taraf hidup yang lebih baik dan lebih sejahtera,” pungkas Surya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Asahan, Kadis PMD, OPD, Camat serta Kepala Desa se-Kabupaten Asahan. (sis)