Apa Itu Bahasa, Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya di Dunia

Pelayananpublik.id- Dalam menyampaikan sebuah pesan dari satu orang ke orang lain tentu diperlukan bahasa, khususnya bahasa yang dimengerti kedua pihak.

Karena itu bahasa menjadi salah satu alat penghubung yang penting antar sesama manusia. Sehingga fungsi bahasa sangat penting dalam bidang komunikasi.

Karena secara umum bahasa adalah sarana yang digunakan setiap manusia sebagai alat komunikasi dan interaksi dengan makhluk hidup.

Lalu bagaimana awal mula munculnya bahasa sehingga dipakai manusia untuk berkomunikasi?

Tentunya bahasa sudah ada sejak adanya manusia dan kelompoknya. Karena manusia dalam komunitasnya pasti menggunakan bahasa untuk berkomunikasi satu dengan yang lain entah itu bahasa isyarat, bunyi-bunyian maupun tulisan dan gambar. Saat ini terdapat 6000-7000 bahasa di dunia yang digunakan manusia untuk berkomunikasi.

Kalau dilihat teori pasti tentang asal-usul bahasa, masih belum ada titik terang karena tidak ada kesepakatan umum mengenai pengertian bahasa yang diungkapkan secara gamblang oleh para sejarahwan.

Sebagai konsep dasar, bahasa bisa mengacu pada kemampuan kognitif yang mempelajari sistem komunikasi yang kompleks.

Nah, pada saat ini bahasa sudah jadi alat utama dalam penyaluran kepercayaan nilai dan moral termasuk pada seni dan religi.

Gorys Keraf mengatakan bahasa adalah alat komunikasi antara anggota pada masyarakat berupa simbol bunyi yang menghasilkan alat ucap dari manusia dan bersifat arbitrer.

Santoso mengatakan pengertian bahasa adalah suatu bunyi yang dihasilkan dari ucapan manusia yang dilakukan tanpa sadar. Sehingga membentuk pola bahasa sesuai dengan dialek tiap karakter manusia itu.

Selanjutnya Walija berpendapat bahasa merupakan suatu komunikasi terpenting yang sangat lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain sebagai lawan bicaranya. Pengertian dari Walija ini dikemukakan pada tahun 1996.

Sementara H. G Brown mengatakan bahasa adaah suatu sistem komunikasi yang menggunakan sumber bunyi dari organ-organ ujaran yang didengar oleh anggota masyarakat.

Menurut Willian A. Havilland pengertian bahasa menurut Willian adalah suatu sistem bunyi yang digabungkan lewat aturan yang timbul menjadi sebuah arti yang bisa ditangkap oleh semua orang. Kemudian nantinya akan membantu proses berbicara dalam pola pelafalan yang terarah.

Fungsi Bahasa

– Bahasa sebagai alat komunikasi penting dalam lingkup masyarakat.

– Bahasa sebagai alat berinteraksi dengan manusia,

– Sebagai alat untuk berfikir

– Bebagai alat menyalurkan arti kepercayaan di masyarakat.

Manfaat Pembelajaran Bahasa

– Untuk mengenali pengenalan situasi dengan penangkapan hal dalam pemberlakuannya kejadian dalam lingkup nyata.

– Bahasa bisa digunakan untuk mempelajari tentang sejarah manusia, peradaban, dan perkembangan dari bahasa itu sendiri.

– Bahasa dapat menerjemahkan keinginan dengan cara yang baik kepada orang lain.

– Mempelajari bahasa dan ungkapan- ungkapan bisa membuat Anda memperoleh keinginan dengan lebih mudah. Maksudnya jika Anda ingin meminta tolong pada orang lain, tentu Anda harud menggunakan bahasa yang sopan dan ungkapan yang tepat.

Bahasa Dunia

Ada banyak sekali bahasa di dunia yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Dalam satu negara saja bisa ada ribuan ratusan bahkan ribuan bahasa tergantung banyaknya suku di dalamnya. Karena biasanya berbeda suku berbeda pula bahasa yang digunakan.

Menurut Ethnologue, jumlah bahasa yang digunakan oleh umat manusia di dunia ini adalah 7.102 jenis. Namun dari jumlah bahasa tersebut, hanya 23 bahasa yang digunakan oleh lebih dari 50 juta orang di dunia.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, bahasa yang paling banyak digunakan oleh penduduk di Dunia ini adalah bahasa China yang jumlah penggunanya sebanyak 1,197 miliar orang atau sekitar 16,5% dari total populasi dunia. Bahasa Mandarin (China) juga merupakan salah satu bahasa yang digunakan sebagai bahasa resmi PBB.

Bahasa Spanyol adalah bahasa dengan pengguna terbanyak kedua setelah Mandarin 399 juta orang atau sekitar 5,5% dari seluruh populasi dunia.

Kemudian, bahasa Inggris menempati posisi ketiga yakni sebanyak 335 juta orang. Bahasa Spanyol dan Inggris juga dipakai sebagai bahasa resmi yang digunakan di PBB.

Berikut 5 bahasa yang paling banyak digunakan masyarakat di dunia.

1. Bahasa China

Jumlah Pengguna : 1,197 miliar orang
Negara Pengguna Utama : China
Jumlah Negara Pengguna lainnya : 33 Negara

2. Bahasa Spanyol

Jumlah Pengguna : 399 juta orang
Negara Pengguna Utama : Spanyol
Jumlah Negara Pengguna lainnya : 31 Negara

3. Bahasa Inggris

Jumlah Pengguna : 335 juta orang
Negara Pengguna Utama : Inggris
Jumlah Negara Pengguna lainnya : 101 Negara

4. Bahasa Hindi

Jumlah Pengguna : 260 juta orang
Negara Pengguna Utama : India
Jumlah Negara Pengguna lainnya : 4 Negara

5. Bahasa Arab

Jumlah Pengguna : 242 juta orang
Negara Pengguna Utama : Arab Saudi
Jumlah Negara Pengguna lainnya : 60 Negara

Demikian ulasan mengenai pengertian bahasa, fungsi, manfaat, hingga jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.