Netizen Indonesia Kagum Korut Ancam Tembak WN China di Perbatasan

Pelayananpublik.id – Sehari terakhir, pemberitaan terkait sikap Pemerintah Korea Utara (Korut) ancam tembak mati Warga Negara (WN) China yang masuk ke perbatasan Korut ramai di media sosial.

Pemberitaan itu ternyata mendapat banyak tanggapan dari netizen asal Indonesia. Banyak dari netizen yang kagum dengan sikap tegas Korut dalam mengantisipasi virus corona yang bisa menyebabkan orang meninggal dunia.

Pemberitaan tersebut ramai direspon netizen setelah disiarkan oleh republika.co.id. Media onlinenya juga ikut memberitakan isu tersebut.

Salah satu pemberitaan yang ramai direspon yakni di fanpage facebook Cektkp.id. Penggelola fanpage tersebut menayangkan pemberitaan dari media online pelayananpublik.id terkait isu ancaman Korut tembak mati WN China yang masuk ke wilayahnya.

Berita yang diunggah pada Jumat (6/3/2020) itu disukai sekitar 800 akun, dikomentari 178 akun dan dibagikan 256 kali.

Dari komentar netizen di fanpage tersebut, banyak yang mendukung sikap Korut untuk melindungi rakyatnya dari bahaya penyebaran virus corona.

Berikut komentar para netizen asal Indonesia terkait pemberitaan sikap Korut tersebut :
“Ini baru pemimpin yang tegas.salut buat korea,” tulis Jaharuddin.
“Mkdsudnya dlm situasi darurat spt ini harus nya waspada jgn hanya itali iran..Cina juga harusnya di larang masuk dulu,” tulis Mohammad Ilham.
“Luar biasaaaa nih kepala negara,” Ricky Cahyadi.
“Ini baru negara hebat dan pemimpin yg hebat .. patuut acungan jempol,” tulis Ajion On.
“Luar biasa dalam melindungi rakyat,” tulis Rukiyah Noto.
“Sesama komunis ternyata utk permasalahan satu ini gak ada komprominya ..good job Korut,” kata Hendy.
“Keputusan yg bagus dari pada virusnya menyebar mencegah lebih baik dari pada mengobati,” komentar Key Sharankha Za.
“ketegasan yg muantaff demi melindungi warganya….,” tulis Kang Mas Adi Suryadi.
“Padahal Cina Negara Sahabat Korut, tp kalo soal keamanan Negara ga pandang Bulu…,” komen Ajat Sudrajat.

(foto : Presiden Korea Utara, Kim Jong Un. ist)

Pada pemberitaan sebelumnya, Pemerintah Korea Utara (Korut) memperingatkan Warga Negara (WN) China agar tidak masuk ke wilayah Korut di sekitar Sungai Yalu.

Peringatan itu untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19). Bahkan, Pemerintah Korut dikabarkan akan menembak mati WN China yang nekat masuk ke wilayahnya.

Dikutip dari Republika.co.id, peringatan itu disampaikan ke warga China lewat pemberitahuan tertulis yang disebar pada minggu ini di Kota Jian dan Kota Baishan, China.

Untuk diketahui, China dan Korut berbagi wilayah perbatasan sepanjang 1.400 kilometer (880 mil). Pada musim dingin, sungai di sana kerap membeku sehingga memungkinkan warga untuk menyeberang perbatasan.

“Kami diberi tahu kemungkinan akan tewas ditembak apabila berada terlalu dekat di wilayah perbatasan,” kata seorang WN China di Jian.

Sebagai informasi, virus corona telah menular ke lebih dari 80.000 orang dan menewaskan lebih dari 3.000 jiwa di China. Saat ini, virus itu telah menyebar ke lebih dari 50 negara di luar China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *