Rekrutmen Penggiat Budaya Kemendikbud 2020 di 247 Kabupaten/Kota, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Pelayananpublik.id- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka rekrutmen untuk penggiat budaya tahun 2020. Rekrutmen ini bisa didaftar oleh pelamar dari seluruh Indonesia karena penerimaan ini akan dibuka untuk 247 Kabupten/Kota se-Indonesia.

Sebagai informasi, penggiat budaya adalah orang yang ditugaskan Direktorat Jenderal Kebudayaan di daerah dalam rangka menyampaikan dan melakukan pendampingan Program Prioritas Direktorat
Jenderal Kebudayaan, melakukan Pendampingan tindak lanjut PPKD (Pokok Pokok Pikiran Kebudayaan
Daerah) di Kabupaten/Kota.

Mereka juga akan bertugas melakukan pendataan potensi Kebudayaan di Kabupaten/Kota.Program Penggiat Budaya dilaksanakan mulai bulan April 2020 sampai dengan Desember
2020.

Berdasarkan Pemngumuman no : 2.183 /F1/KP/2020 tentang Penerimaan Penggiat Budaya Tahun 2020, syarat yang harus dipenuhi pelamar adalah:

1. Pendidikan minimal Sarjana (S-1 )/Diploma IV (D-IV) semua jurusan;

2. IPK minimal 2.75 dari skala 4.00;

3. Berusia 25 sampai dengan 40 tahun per 1 April 2020;

4. Penempatan sesuai dengan Kabupaten/Kota yang tertera di KTP;

5. Tidak terikat kerja di instansi/perusahaan lain selama masa kerja sebagai Penggiat
Budaya;

6. Bagi wanita, selama menjadi Penggiat Budaya siap diberhentikan apabila hamil;

7. Memiliki Smartphone berbasis Android dengan minimal (berbasis Android 6.0
Marshmallow), RAM minimal 3 GB yang dilengkapi fitur GPS (Global Positioning System)
dan mampu mengoperasionalkan komputer;

8. Memiliki pengalaman berorganisasi di bidang kebudayaan;

9. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik;

10. Minimal memiliki SIM C dan sepeda motor;

11 . Memiliki akun surat elektronik/emai/ aktif;

12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh POLRI yang
masih berlaku;

13. Surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari Dokter Rumah Sakit atau Puskesmas
setempat; dan

14. Surat Pernyataan Keabsahan Data dan Dokumen.

Persyaratan Berkas

– Surat Lamaran diketik yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Kebudayaan,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (format dokumen pdf);

– Pas Foto terbaru (ukuran 4×6). (format dokumen jpeg/jpg). Untuk pria harus mengenakan kemeja putih polos Berdasi Latar Belakang Merah, dan wanita mengenakan kemeja putih polos latar belakang merah.

– Daftar Riwayat Hidup (sesuai format terlampir), (format dokumen pdf} ;

– Kartu Tanda Penduduk (KTP), (format dokumen pdf) ;

– ljazah Terakhir (format dokumen pdf) ;

– Transkrip Nilai (format dokumen pdf) ;

– Surat lzin Mengemudi (SIM) (format dokumen pdf) ; dan

– Surat Pernyataan Keabsahan Data dan Dokumen (sesuai format terlampir),
(format dokumen pdf) ;

– Bagi peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kemampuan Umum dan Teknis
Kebudayaan untuk selanjutnya WAJIB mengunggah dokumen sebagai berikut:
• Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) , (format dokumen pdf);

• Surat Keterangan Sehat (format dokumen pdf) ; dan

• Surat Keterangan Bebas Narkoba (format dokumen pdf).

Cara Mendaftar

Bagi Anda yang tertarik mendaftar silakan melakukan pendaftaran online di https://penggiatbudaya.kemdikbud.go.id/

Kemudian Anda akan diminta mengunggah berkas pada laman tersebut dalam format dokumen .jpeg, .jpg dan/atau .pdf dengan ukuran maksimal 200 Kb per dokumen.

Proses Seleksi

– Seleksi Administrasi

– Seleksi Kemampuan Umum dan Teknis Kebudayaan berupa wawasan kebangsaan
dan substansi kebudayaan (online)

– Seleksi Wawancara (online)

Adapun jadwal seleksi Penggiat Budaya Kemendikbud 2020 adalah sebagai berikut:

1. Pengumuman, Pendaftaran dan Unggah 03 s.d 12 Maret 2020
Berkas

2. Pengumuman Laios Seleksi Administrasi 17 Maret 2020

3. Seleksi Kemampuan Umum dan Teknis 19 s.d 20 Maret 2020
Kebudayaan

4. Seleksi Kemampuan Umum dan Teknis 23 s.d 24 Maret 2020
Kebudayaan

5. Pengumuman Hasil Seleksi Kemampuan 27 Maret 2020
Umum dan Teknis Kebudayaan , dan Jadwal
Wawancara

6. Unggah Berkas Lanjutan bagi peserta yang 28 Maret s.d 01 April 2020
dinyatakan Lulus Seleksi Kemampuan Umum
dan Teknis Kebudayaan

7. Seleksi Wawancara Online 30 Maret s.d 01 April 2020

8. Pengumuman Kelulusan 03 April 2020

9. Kontrak Kerja dan Pembekalan 06 s.d 10 April 2020

10. Penempatan 13 April 2020

Tips

– Pastikan pelamar memenuhi syarat administrasi yang telah diminta oleh perusahaan atau instansi.
– Pastikan data diri dan administrasi lainnya sudah benar.
– Perhatikan masa waktu pendaftaran sebelum anda mengirim lamaran.
– Jangan lupa menulis kode formasi pekerjaan jika diminta oleh pihak perusahaan atau instansi.
– Pastikan alamat kantor atau alamat email tujuan rekrutmen atau lowongan pekerjaan benar.
– Jangan meng-spam atau mengirim email lamaran berulang kali ke tujuan rekrutmen atau lowongan pekerjaan.
– Ikuti proses pendaftaran sesuai dengan instruksi dari perusahaan atau instansi yang membuka rekrutmen.

Perhatian

– Pelayananpublik.id mempublikasi rekrutmen atau lowongan pekerjaan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi pekerjaan.
– Pelayananpublik.id mempublikasi informasi rekrutmen atau lowongan pekerjaan dari sumber yang terpercaya.
– Pelayananpublik.id hanya mempublikasi informasi rekrutmen atau lowongan pekerjaan yang layak kepada masyarakat sesuai peraturan yang berlaku.
– Pelayananpublik.id tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen atau lowongan pekerjaan di situs ini. Apabila ada pihak yang mengatasnamakan pelayananpublik.iduntuk meminta biaya pendaftaraan atau biaya lainnya, bisa dipastikan bahwa hal tersebut TIDAK BENAR atau bisa jadi PENIPUAN. (Nur Fatimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *