CMI Ajak Pemdes Fokus Pembangunan SDM dan Penciptaan Lapangan Kerja

Pelayananpublik.id – Diskusi yang di gelar oleh Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Kabupaten Lebak, bekerja sama dengan Kecamatan Leuwidamar membahas Peran pemuda sebagai Tulang Punggung Pemanfaatan Bonus Demografi untuk Menyongsong Indonesia Yang lebih Baik.

Dalam diskusi yang di hadiri oleh seluruh Lapisan masyarakat, Kepemudaan, Kapolsek, Danramil, para kepala desa serta Teman-Teman Karang Taruna, Enday Hidayat yang menjadi narasumber mengingatkan Pentingnya Upaya Aparat desa Untuk Meningkatkan SDM dan pemberdayaan kaum Muda dalam sektor Ekonomi.

“Saya memandang, hal yang paling penting dalam arus Bonus Demografi ini adalah bagaimana Pemerintah Mengupayakan Peningkatan SDM, Membuka lapangan kerja di desa, baik dari sektor Industri Kreatif, Pertanian, maupun perikanan untuk mengembangkan ekonomi desa”. Ujar Enday, Sekjend Cendikiawan Muda Indonesia (CMI) Kamis, (05/03/2020).

Kader Perkumpulan Gerakan Kebangsaan ini juga menambahkan tentang pentingnya penyadaran paradigma kepada anak-anak muda untuk terus meningkatkan Pendidikan.

Pemerintah desa (Pemdes) sebagai pemangku kebijakan yang memiliki anggaran cukup besar, haruslah mengalokasikan dananya untuk biaya pendidikan bagi yang tidak mampu.

Pemdes harus membangun komunikasi yang intensif dengan dinas-dinas terkait agar anak-anak muda tidak putus sekolah, serta segera menindak lanjuti arahan dari Mendagri terkait Program “Satu desa Satu Perpustakaan”.

“Saya membayangkan jika setiap desa minimal ada 5 sampai 10 orng yang mampu menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dengan bantuan dana desa, Serta desa mampu menggerakan Anak Muda lewat Bumdesnya membangun Perekonomian desa di lintas sektor, maka 5, 10 smpai 20 tahun kedepan desa tersebut pasti akan berkembang pesat,” pungkas Enday Hidayat. (kimi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *