Berita Asahan

Bupati Asahan: Festival Nasyid Upaya Mengembangkan Kesenian Bernuansa Islami

Pelayananpublik.id- Banyak cara untuk mengembangkan kesenian dan kebudayaan bernuansa Islam, salahsatunya dengan festival nasyid.

Hal itu juga dilakukan Pemkab Asahan yang menggelar Festival Nasyid tingkat Kabupaten dan mengundang para kafilah dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Selasa (25/2/2020).

Bupati Asahan H Surya dalam sambutannya mengajak warganya untuk memaknai nilai kecintaan terhadap agama dalam syair nasyid.

“Setiap sentuhan bait kata dalam lirik yang dipadu dengan irama syair dalam lantunan seni nasyid sesungguhnya bisa menggugah hati dan berpengaruh positif bagi perbaikan sikap dan perilaku”, ungkapnya.

Meskipun konteksnya festival atau perlombaan, Surya berharap peserta tidak semata-mata menjadikan predikat juara sebagai tujuan akhir.

“Yang terpenting adalah seni nasyid dapat berkembang luas di masyarakat dan menjadi sebuahi perisai dari budaya yang menyimpang dan tak sesuai dengan ajaran agama juga adat ketimuran,” kata dia.

Acara itu diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh seluruh Kafilah dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan di di Lapangan Bola Kaki Pondok Sukajadi AFD II PT Padasa Kecamatan Teluk Dalam tersebut turut dihadiri Forkopimda Asahan, Ketua TP PKK Asahan beserta pengurus, Para Asisten, OPD, Camat, Kakan Kemenag As’ahan, Tokoh Agama, Dewan Hakim serta masyarakat setempat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *