Apa Itu Media Sosial, Fungsi, dan Dampaknya

Pelayananpublik.id- Istilah sosial media atau media sosial sudah barang tentu bukan lagi hal asing di telinga masyarakat Indonesia.
Sebab saat ini sebagian besar orang menggandrungi media sosial dan membukanya setiap hari.

Media sosial ini juga dikaitkan dengan pergaulan seseorang. Orang yang tidak punya teman di dunia nyata bisa merasa “hidup” karena banyak teman di media sosial.

Beraktivitas di media sosial ini juga merupakan tren dan menjadi kebutuhan duniawi para penikmatnya. Dan tak sedikit pula orang yang bisa memanfaatkan media sosialnya untuk sesuatu yang meningkatkan taraf hidupnya.

Secara umum, pengertian sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Marjorie Clayman mengatakan media sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Sedangkan menurut Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:258), pengertian media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlien menyebut media sosial adalah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.

Bentuk Media Sosial

Tahukah Anda kalau media sosial itu banyak sekali bentuknya. Jadi medsos itu bukan sebatas Facebook, Whatsapp dan Instagram saja.

Sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar yakni.

1. Social Networks, yakni media sosial yang digunakan untuk bersosialisasi dan berinteraksi Contohnya Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dan lainnya.

2. Discuss, yakni media sosial yang digunakan untuk memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi. Contohnya Kaskus, Google talk, yahoo! M, skype, phorum, dan lainnya.

3. Share, adalah media sosial yang digunakan untuk saling berbagi file, video, music, seperti YouTube, Slideshare, Instagram, Feedback, Flickr, crowdstorm dan lainnya.

4. Publish, untuk menyebarluaskan konten seperti WordPress, Wikipedia, Blog, dan sebagainya.

5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama misalnya seperti koongregate, doof, pogo, cafe.com.

6. Livecast contohnya Y! Live, Blog Tv, Justin TV, dan sebagainya.

7. Livestream contohnya socializr, froendsfreed, socialthings!

Sosial media menghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, batasan ruang maupun waktu. Sebab dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan tidak peduli siang atau pun malam.

Fungsi Media Sosial

– Memperluas interaksi sosial manusia menggunakan internet dan teknologi web

– Melakukan transformasi praktik komunikasi satu arah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many).

– Membangun personal branding

– Sarana diskusi dan juga memberikan suatu popularitas di media sosial.

– Memberikan suatu kesempatan yang fungsinya interaksi lebih dekat dengan konsumen.

Dampak Media Sosial

Banyak yang mengatakan media sosial membuat yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi jauh. Artinya keberadaan media sosial di tengah kehidupan manusia memiliki dampak positif dan negatif.

Media sosial jika dibuat secara positif maka akan mendatangkan keuntungan. Misalnya dengan memanfaatkan jaringan sosial untuk memasarkan produk bisnis Anda.

Selain itu para pengguna medsos jadi lebih melek informasi. Karena arus informasi dalam medsos sangat deras. Bahakan lebih cepat dari berita di situs online.

Sedangkan jika digunakan secara negatif maka akan membawa keburukan. Misalnya menggunakan medos untuk bersenang-senang dan ngobrol cantik dengan suami orang. Kadang media sosial dijadikan tempat dimana kejahatan dianggap wajar. Dan seringkali orang tidak takut berkata kasar di medsos karena menganggap dia tidak dikenal orang lain.

Demikian ulasan mengenai media sosial mulai dari pengertian, fungsi, jenis hingga dampaknya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *