Pengertian Informasi, Fungsi , Cara Penyampaian, Jenis Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Informasi merupakan kata yang setiap hari di dengar orang. Hal itu karena hampir tiap hari orang menerima informasi dalam berbagai bentuk.

Ada yang berbentuk berita peristiwa yang didapat dari menonton televisi, dari berita online, sosial media, bahkan dari mulut ke mulut.

Informasi juga bisa berupa kabar tentang sepotong peristiwa yang dilihat atau tidak lalu disampaikan kepada orang lain. Informasi juga ada yang benar dan ada pula yang bohong. Informasi yang berisi kabar tidak benar, bohong, dan fitnah disebut informasi sesat, misinformasi maupun hoax.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya simak dulu pengertian informasi berikut ini.

Pengertian Informasi

Secara umum informasi diartikan sebaga sekumpulan data yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Sedangkan secara etimologis, informasi berasal dari kata “informatinem” dalam Bahasa Latin.

Informatinem ini dapat diartikan sebagai ide, kode, atau garis besar.

Raymond McLeod mengatakan informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saatu ini atau di masa mendatang.

Sementara, Azhar Susanto mengatakan informasi adalah suatu hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat bagi penerimanya.

Menurut Jogiyanto HM informasi merupakan hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

Dan menurut Lina Sidharta, pengertian informasi adalah data yang disajikan menjadi bentuk yang lebih berguna saat mengambil suatu keputusan.

Fungsi Informasi

Informasi seringkali dicari, maupun diperoleh secara tidak sengaja. Lalu apa fungsi informasi dalam kehidupan manusia?

1. Menjawab Rasa Penasaran

Seringkali manusia bertanya tentang sebuah informasi untuk memuaskan rasa penasarannya. Misalnya, benarkah hantu itu ada? Maka ia akan mencari data dan fakta tentang keberadaan hantu tersebut.

Kurangnya informasi tentang sesuatu akan juga akan menimbulkan ketidakpastian. Untuk menghapus ketidakpastian tersebut maka diperlukan informasi lengkap dan valid dari sumber yang sudah terpercaya.

2. Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Informasi valid yang didapatkan oleh seseorang akan menjadi pengetahuan baru dan menambah wawasannya. Misalnya cara mengobati penyakit, yang informasinya bisa dari artikel-artikel di internet, bisa dari dokter langsung dan sebagainya.

3. Sebagai Media Hiburan

Informasi juga dapat berfungsi sebagai media hiburan bagi yang mencarinya. Misalnua informasi tentang hobi, makanan, atau dunia selebritis.

4. Sebagai Sumber Berita

Suatu informasi mengenai hal tertentu dapat dipakai untuk sumber berita yang disampaikan kepada masyarakat umum. Misalnya, informasi tentang Piala Dunia yang didapatkan dari media Televisi, Radio, dan situs berita online.

5. Untuk Sosialisasi Kebijakan

Informasi merupakan komponen penting dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Salah satu fungsinya yaitu menyampaikan suatu kebijakan dari pemerintah kepada masyarakat yang dilakukan dengan cara sosialisasi.

6. Untuk Mempengaruhi Khalayak

Informasi yang disampaikan lewat media massa biasanya dilakukan untuk mempengaruhi khalayak. Contohnya informasi mengenai suatu produk melalui media TV bertujuan agar masyarakat mengenal dan tertarik untuk menggunakannya.

7. Menyatukan Pendapat

Informasi juga berfungsi untuk menyatukan pendapat yang berbeda. Kadang kala informasi yang valid dari sumber terpercaya akan bermanfaat untuk menilai setiap pendapat yang dikemukakan di ruang publik apakah sesuai dengan informasi tersebut.

Cara Penyampaian Informasi

1. Melalui Media Elektronik

Informasi bisa disampaikan melalui media elektronik seperti televisi, radio, dan sebagainya.

2. Melalui Internet

Internet kini menjadi gudang informasi dunia. Setiap kali orang butuh informasi, maka mereka bisa melihatnya di internet baik lewat website, sosial media, video di internet dan sebagainya.

3. Melalui Tulisan

Informasi juga dapat disampaikan dari tulisan-tulisan, misalnya surat, surat kabar, cerita di prasasti batu.

4. Melalui Gambar

Selain tulisan, informasi juga dapat disampaikan melalui gambar. Seperti gambar komik, diagram, kurva dan lainnya.

5. Melalui Kode

Nah selain tulisan dan gambar, informasi juga dapat disampaikan melalui kode baik angka, gambar ataupun sandi.

Misalnya dalam kemasan sebuah produk Anda bisa melihat tanggal kedaluwarsanya. Dari situ diperoleh informasi kapan makanan itu tidak layak lagi dimakan.

Kemudian kode-kode morse yang juga menyampaikan informasi tertentu secara tersembunyi.

Jenis Informasi

Berdasarkan Sifat

– Faktual, informasi yang dibuat berdasarkan fakta bisa dibuktikan kebenarannya.

– Opini atau konsep, informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang terkait sesuatu hal.

– Deskripsi, informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai suatu hal.

– Hoax, yakni informasi bohong atau tidak sesuai kebenaran.

Berdasarkan Kegunaan

– Informasi yang memperkaya pengetahuan seseorang, yang isinya biasanya merupakan pengetahuan baru bagi seseorang.

– Informasi yang berdasarkan penyajian, disampaikan dalam beberapa bentuk, contohnya seperti artikel, audio, gambar, video, dan lainnya.

Berdasarkan Bidang Kehidupan

– Informasi yang dibuat dalam beberapa kategori, seperti Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, dan sebagainya.

Berdasarkan Lokasi Peristiwa

Informasi yang dibuat berdasarkan lokasi suatu peristiwa terjadi. Jenis informasi ini dapat ada dua, yakni informasi dalam negeri (domestik), dan informasi luar negeri.

Demikian ulasan mengenai informasi, mulai dari pengertian, cara penyampaian, hingga jenisnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *