Wagub Banten Dampingi Kapolri di Penanaman Bibit Pohon Mangrove dan Penebaran Benih Ikan

Pelayananpublik.id – Hutan mangrove masih memberikan manfaat ekonomi kepada warga khususnya yang di pesisir. Untuk itu warga dan pemerintah harus mengambil langkah pelestarian hutan tersebut.

Terkait itu pemerintah melakukan kegiatan penanaman bibit mangrove dan penaburan bibit ikan di daerah pesisir termasuk di Kabupaten Tangerang, Banten.

Acara Penanaman 20 Ribu Bibit Pohon Mangrove Dan Penebaran Satu Juta Benih Ikan di Desa Ketapang, Mauk Kabupaten Tangerang, Jum’at (21/2/2020) itu dihadiri Kapolri Jenderal Idham Azis, Menteri Kelautan Perikanan RI Eddy Prbowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hingga Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar serta tokoh masyarakat sekitar.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy juga tampak mendampingi rombongan Kapolri dalam kegiatan yang bertajuk TNI-Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir itu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo menyatakan sangat mendukung tersebut, karena akan membuat ekosistem terpelihara, menjaga kehidupan pantai dan mempengaruhi masyarakat yang lebih luas.

“Dengan penanaman mangrove dan penebaran benih ikan ini semoga dapat memberikan semangat dan motivasi kepada kita semua untuk senantiasa bersama- sama menjaga dan menata lingkungan hidup kita guna mewujudkan stabilitas ekosistem alam dan derajat kehidupan sosial masyarakat kita di masa mendatang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolri Idham Azis menyebut kegiatan ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Jadi yang di Mauk hanya simbolis saja.

Sementata itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir pantai untuk terus menjaga ekosistem bakau dan ikan.

“Saya berharap penanaman mangrove dan pelepasan bibit ikan bisa memberi manfaat bagi masyarakat pesisir. Sebab, selama ini pohon mangrove dianggap bisa menahan kenaikan air laut, sehingga meminimalisir kemungkinan banjir,” tambahnya. (*)

Hhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *