Apa itu Website, Apa Manfaatnya dan Bagaimana Cara Kerjanya Hingga Menghasilkan Uang?

Pelayananpublik.id- Di era digital saat ini, Anda tentu tidak asing lagi dengan kata website. Karena hampir setiap hari Anda berhadapan dengan berbagai macam website di internet. Anda membaca berita online di internet, berarti Anda sedang mengunjungi website orang.

Pada dasarnya, website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu. Website akan saling berhubungan dan dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Contoh simpelnya, Anda ingin mencari sesuatu dan membuka Google. Maka yang akan Anda buka adalah google.com (URL-nya: https://www.google.com/). Dan saat itu berarti Anda sedang membuka website milik Google. Lalu Anda akan membuka website lain seperti yang disarankan oleh Google sebagai mesin pencari.

Website dalam Indonesia diterjemahkan menjadi situs atau laman. Sebuah situs bisa memuat informasi tertulis, gambar, suara bahkan audio visual seperti video. Jadi dalam sehari Anda bisa saja membuka puluhan situs karena membaca artikel, membuka sosmed, melihat video dan sebagainya.

Unsur Dalam Website

Dalam website terdapat 3 unsur penting dan harus ada. Tanpa ada mereka, maka website Anda tidak akan bisa diakses oleh pengguna. Adapun tiga unsur tersebut adalah:

1. Domain

Domain ini bisa dibilang merk website Anda.Jadi nama domain yang unik dan mudah diingat akan membantu website Anda untuk dilihat orang. Namun tak jarang juga orang membuat nama yang rumit untuk websitenya. Alhasil, websitenya sulit untuk diingat.

2. Hosting

Hosting merupakan unsur yang berperan untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya). Nah, hosting ini bermacam kapasitasnya, maka pilihlah sesuai dengan kebutuhan website Anda.

3. Konten

Konten adalah isi dari website. Ketika Anda membuat sutu website, maka Anda harus menentukan akan Anda apakan website itu, apa isinya dan apa tujuannya? Apakah untuk website berita online, hiburan, tulisan curhat dan lainnya. Website ngasal tanpa tujuan tidak akan membawa keuntungan bagi Anda.

Jenis-jenis Website

1. Website Perorangan/Pribadi

Website pribadi bisa berisi apa saja yang Anda suka, tidak mengatasnamakan perusahaan, organisasi tapi nama Anda sendiri. Siapa bilang website pribadi tidak bisa menghasilkan uang? Website pribadi juga bisa menguntungkan, asal dikelola dengan baik dan benar.

Nah, berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat website pribadi. Yang paling mudah dan murah adalah dari blogspot atau wordpress gratis. Misalnya www.namamu.blogspot.com

Namun untuk konten yang lebih serius dan menjurus pada keuntungan, maka tidak disarankan membuat website gratis karena resources nya terbatas.

Selain itu, untuk alamat dari website Anda akan sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting.

2. Website Toko Online

Toko Online juga bukan lagi hal asing pada zaman sekarang ini. Hampir setiap orang dari berbagai daerah gemar mengunjungi toko-toko online.

3. Blog

Ingat Raditya Dika? Ya, sutradara, aktor, komika sekaligus penulis itu dulunya hanyalah penulis blog. Ia menuliskan pengalaman-pengalaman selama kuliah di luar negeri di blog pribadinya.

Karena blognya ramai pembaca, akhirnya tulisannya diangkat dan dijadikan buku, lalu difilmkan, kemudian dia jadi artis!

Sampai sekarang blog masih banyak digunakan orang. Anda bisa masuk dari blogger.com untuk membuat blog yang simpel dan gratis.

Manfaat Website

Website kini memiliki peranan penting dalam arus informasi di internet. Mulai dari hanya sekedar memberi informasi, hingga membantu bisnis. Berikut beberapa manfaat website.

1. Sebagai Sarana Penyebaran Informasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini penyebaran informasi tercepat adalah dari internet. Nah, informasi itu tentu termuat dalam suatu website sehingga dapat diakses orang banyak.

2. Membangun Branding

Tak sedikit orang membuat website untuk mengenalkan diri, organisasi, lembaga dan lainnya kepada dunia. Dengan adanya website, dirimu, organisasi, lembaga bahkan tokomu dapat diketahui dan dikontak oleh orang dari mana saja.

3. Menghasilkan Uang

Nah, ini nih yang bikin anak muda sekarang malas menjadi kuli. Mereka merasa bisa menghasilkan uang dengan hanya duduk di depan laptop. Emang bisa? Ya bisa dong! Asal mau dan tau cara sekaligus tips dan trick nya.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan website. Anda bisa menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerja sama. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Anda juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk menghasilkan uang dari website. Tugas Anda sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website Anda. Kemudian Anda bisa mendapatkan komisi jika Anda yang membeli melalui website Anda.

Cara lain untuk menghasilkan uang melalui website adalah dengan membuat toko online. Anda bisa menjual berbagai produk atau jasa di website toko online Anda.

Demikian ulasan mengenai pengertian website, jenis hingga bagaimana menghasilkan uang lewat internet. semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *