Bank Sumut

Bank Sumut Raih Penghargaan Infobank SLE Award 2020

Pelayananpublik.id – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) mendapat penghargaan “Satisfaction, Loyalty, & Engagement Awards 2020” di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta pada Kamis (20/2/2020).

Bank Sumut adalah salah satu dari 35 institusi, yang terdiri dari 25 bank dan 10 perusahaan e-commerce, dan berhasil meraih Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI).

Penghargaan tersebut diberikan oleh penyelenggara berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MRI bekerja sama dengan Infobank terhadap bank dan perusahaan e-commerce pada rentang Oktober hingga Desember 2019 lalu.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Survei itu dilakukan dengan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, yaitu random bertahap, mulai dari pemilihan area survei, tempat tinggal responden, hingga satu responden per tempat tinggal.

Terkait raihan itu, Direktur Operasional Bank Sumut, Rahmat Fadillah Pohan menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kinerja seluruh pegawai Bank Sumut dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

“Tentunya penghargaan tidak lantas membuat seluruh insan Bank Sumut cepat berpuas diri melainkan menjadi spirit untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabah dimasa yang akan datang” ujar Rahmat didampingi Corporate Secretary Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar.

Rahmat juga menjelaskan Bank Sumut memiliki pedoman serta standard layanan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

“Standard pelayanan tersebut tidak hanya layanan frontliner seperti teller, CS dan Satpam, namun juga mencakup layanan Back Office. Selain itu Bank Sumut juga senantiasa meningkatkan value produk terutama yang berbasiskan IT dan Digital dengan tujuan memberikan kepuasan kepada nasabah sehingga terciptanya Loyalty dan Engagement tersebut,” tambah Rahmat.

Sementara, Direktur Utama Marketing Research Indonesia (MRI), Harry Puspito mengatakan penilaian dilakukan berdasarkan survei untuk mengukur kepuasan pelanggan, yang tidak hanya fokus pada aspek kepuasan, tapi juga sikap nasabah secara utuh, yaitu pada satisfaction, loyalty dan engagement.

“Hasil survei menunjukkan di industri perbankan, bank-bank mulai mengusahakan agar nasabah semakin menyukai dan menggunakan produk dan layanan mereka dalam jangka panjang. Bahkan, beberapa bank sudah berhasil dalam berbagai aspek pemasaran engagement. Mereka sudah melibatkan nasabahnya dalam mempromosikan produk mereka, dan mendorong nasabah berbicara kepada nasabah lain, serta memanfaatkan feedback yang nasabah berikan,” ujar Harry.

Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank. Mengatakan di era industri financial yang semakin kompetitif, basis pasar yang kuat tidaklah cukup.

“Tantangannya adalah bagaimana membuat nasabah merasa engaged, yaitu memiliki keterikatan secara emosional dan menjadikan loyal customer dalam jangka panjang. Nasabah yang engaged adalah nasabah yang merasakan pengalaman-pengalaman positif dalam bertransaksi dan secara berkelanjutan sehingga membentuk keterikatan psikologi yang positif. Bank-bank dan perusahaan e-commerce peraih Satisfaction, Loyalty, & Engagement Awards 2020 ini adalah perusahaan yang sudah memiliki nasabah yang engaged. Hal ini ditandai dengan raihan indeks SLE yang tinggi,” pungkas Eko.