Pengertian Pemimpin, Kepemimpinan, Syarat dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Pemimpin secara singkat berarti orang yang memimpin suatu kelompok seperti keluarga, komunitas masyarakat, suku, lembaga hingga negara. Setidaknya, seorang pemimpin harus memiliki sesuatu atau minimal seorang yang dipimpinnya. Misalnya dalam kehidupan pernikahan, maka suami adalah pemimpinnya.

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan menyebut pemimpin adalah seseorang yang mempunyai wewenang kepemimpinannya untuk mengarahkan bawahannya dalam mengerjakan sebagian dari pekerjaannya.

Sedangkan pemimpin menurut Robert Tanembaum adalah mereka yang menggunakan sebuah wewenang secara formal dalam mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, mengarahkan, mengorganisasikan, demi bagian pekerjaan dikoordinasi dan mencapai tujuan sebuah perusahaan.

Dan menurut Ahmad Rusli, pemimpin adalah individu manusia yang diberi amanah untuk memimpin pengikutnya dalam mencapai ke arah matlamat yang ditetapkan.

Mengapa pemimpin diperlukan?

Seorang pemimpin diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan, keamanaan dan kenyamanan bagi anggota atau masyarakat yang ia pimpin. Masing-masing orang memiliki kemampuan unik masing-masing, yang secara tidak sadar dapat memberikan kemajuan pada masyarakat.

Nah, pemimpin tak perlu memiliki itu, ia hanya perlu memimpin dan mengarahkan orang-orang tersebut agar berdaya guna hingga memberikan manfaat bagi organisasi dan para anggotanya.

Pun begitu dengan sebuah negara. Negara merupakan wilayah yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia. Bayangkan jika negara tidak memiliki pemimpin, bisa jadi semua akan kacau hanya karena masing-masing orang berjuang untuk makan.

Sebaliknya, jika ada pemimpin, ia bisa mengatur semua itu dengan hukum yang berlaku sehingga semua patuh dan mengikuti aturan dan negara bisa menjalankan fungsinya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Proses Terbentuknya Pemimpin

– Dengan Sistem Demokrasi

Pemimpin dari sistem demokrasi lahir dari pilihan anggota. Jadi untuk menentukan pemimpin baru biasanya sebuah organisasi/negara membuat acara pemilihan yang dilakukan oleh seluruh rakyatnya. Pemilihan ini bisa dengan langsung yakni semua anggota/warga memberikan suaranya, adapula yang melalui perwakilan atau parlemen.

– Dengan Garis Keturunan

Ini biasanya berlaku dalam kerajaan. Ketika raja meninggal maka ia akan digantikan oleh anaknya atau adiknya. Ini juga berlaku di beberapa perusahaan, yayasan ataupun organisasi. Karena perusahaan atau yayasan itu dianggap aset, sehingga “kekuasaan” harus tetap berada pada garis keturunan keluarga.

– Dengan Kekerasan

Jangan berfikir pemimpin itu terbentuk karena hal yang damai-damai saja. Pemimpin juga bisa muncul dengan paksaan dan kekerasan. Misalnya dalam masa penjajahan, penjajah datang menguasai daerah jajahannya dan memaksa rakyatnya tunduk dan mengakui kepemimpinan mereka.

Biasanya kepemimpinan seperti itu diterima karena warganya tidak berdaya dan tidak memiliki kekuatan apapun untuk melawan.

Perilaku Ideal Seorang Pemimpin

– Pemimpin harus memelihara sikap baik.

– Pemimpin mampu memberi perintah yang jelas, tegas, lengkap dan pantas.

– Siap menerima saran dari bawahan.

– Memperkuat rasa persatuan.

– Memiliki Kecakapan konseptual.

– Intelektual.

– Bijaksana dan diplomatis.

– Lancar berbicara.

– Memiliki Kreativitas.

– Mempunyai pengetahuan tentang tugas kelompok.

– Mempunyai kecakapan organisasi dan kecakapan sosial (Persuasif).

Kepemimpinan

Ada pemimpin ada pula kepemimpinan, dalam Bahasa Inggris disebut leader and leadership.

Secara umum, kepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen yang mempunyai peran yang sangat penting bagi terlaksanakannya berbagai fungsi-fungsi manajemen yang lain. Memimpin orang dan organisasi memerlukan sebuah kecakapan dalam melakukan berbagai kegiatan.

Sehingga arti dari kepemimpinan atau leadership adalah suatu proses di mana seseorang individu mempunyai pengaruh terhadap orang lain, mengilhami, memberikan semangat, motivasi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan mereka untuk membantu agar tujuan kelompok atau organisasi bisa tercapai. Orang yang memberikan pengaruh tersebut akan disebut sebagai seorang pemimpin. Jika pemimpin tersebut efektif, maka pengaruh yang diberikan kepada orang lain akan dapat membentu tercapainya tujuan-tujuan yang diharapkan organisasi atau kelompok.

Sifat Kepemimpinan

– Bisa menyesuaikan diri.

– Ambisius dan berorientasi pada prestasi.

– Bertanggung jawab.

– Aseratif.

– Waspada terhadap lingkungan sosial.

– Kooperatif.

– Bisa diandalkan.

– Toleran atas teanan.

– Gigih dan energik.

Contoh Pemimpin yang Paling Berpengaruh di Dunia

1. Mao Zedong

Mao Zedong merupakan tokoh pemimpin Revolusi China dan pendiri Republik Rakyat China. Ia bahkan masih dikenal hingga kini, sebagai ‘Maoisme’, diambil dari bagian namanya Mao Zedong. Ia juga disebut sebagai dalang tewasnya 1,8 juta jiwa dalam revolusi 50 tahun silam.

2. Franklin D Roosevelt

Franklin D Roosevelt adalah negarawan dan pemimpin politik berpengaruh di AS, saat menjadi presiden ke-32 hingga terpilih empat kali berturut-turut dari 1933 sampai 1945.

3. Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi merupakan pemimpin paling berpengaruh dan menginspirasi dari India. Ia melawan penjajahan dengan prinsip damai tanpa kekerasan. Begitupun, Mahatma Gandhi malah meninggal karena dibunuh oleh warganya sendiri.

4. Alexander The Great

Ia adalah pemimpin Kekaisaran Makedonia, salah satu kerajaan terbesar pada masa sejarah kuno. Wilayah kekuasaannya dari Yunani hingga Mesir dan India. Dia juga dikenal sebagai pemimpin perang yang hebat.

5. George Washington

Pemimpin besar ini dianggap sebagai bapak pendiri AS, memimpin Revolusi Kemerdekaan AS hingga lepas dari jajahan Kerajaan Inggris. George Washington pun kemudian dipilih sebagai presiden pertama dengan suara bulat, dan memimpin selama dua periode pada 1789-1797. Kepemimpinannya terkenal karena kemampuan mengambil keputusan pada saat-saat sulit.

Demikian ulasan mengenai pemimpin mulai dari pengertian hingga contoh pemimpin paling berpengaruh di dunia. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *