Berita Asahan

MTQ Ke-51 Tingkat Asahan Lancar, Para Pemenang Utama Raih ONH

Pelayananpublik.id – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan resmi berakhir pada Sabtu (12/2/2020).

Bupati Asahan, Surya menutup secara resmi kegiatan yang digelar di Lapangan Bola Kaki Divisi I Kuala Piasa Kecamatan Tinggi Raja, Asahan.

Mewakili Panitia Penyelenggara MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Asahan, John Hardi Nasution melaporkan bahwa hingga ditutup pada malam ini, pelaksanaan MTQ berjalan dengan baik dan lancar.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

John Hardi menyampaikan peserta yang mendapat predikat terbaik dari 5 cabang yang dipertandingkan dalam MTQ kali ini akan mendapat hadiah berupa piagam penghargaan, trophy dan uang tunai.

Dalam kata sambutannya, Bupati Asahan, Surya kembali mengingatkan tentang pentingnya memaknai isi dan kandungan Al-Quran sebagai pedoman hidup dalam membangun kehidupan sosial yang bermartabat.

“Pelaksanaan MTQ merupakan wadah untuk memacu pengembangan tilawah, hafalan dan pendalaman isi Al Quran serta sarat dengan syiar Islam yang tidak boleh berhenti disini tanpa meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat,” ujar Surya.

Dalam kesempatan itu, Surya menerangkan bahwa pemenang terbaik 1 dari cabang Tilawatil Quran golongan dewasa putera dan puteri serta cabang Hifzil Quran golongan 30 juz putera dan puteri akan diberikan Ongkos Naik Haji (ONH) dengan ketentuan jika sudah pernah menjadi terbaik 1 dalam event MTQ 9 tahun terakhir tidak diperkenankan mendapat ONH lagi.

Surya pun berpesan kepada kafilah yang belum berhasil meraih prestasi dalam event MTQ ini, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan lainnya.

Mengakhiri kata sambutannya, Surya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah tulus dan ikhlas membantu menyukseskan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia, dewan hakim dan seluruh pihak yang telah menyukseskan MTQ tahun ini. Terkhusus kepada Bapak H. Suwono yang dengan tulus menyediakan pemondokan bagi dewan hakim,” ucap Surya.

Sebelum menyampaikan pengumuman pemenang MTQ, Ketua Dewan Hakim H. Salman Abdullah Tanjung mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan atas fasilitas yang diberikan selama pelaksanaan MTQ.

“Alhamdulillah tidak ada kekurangan baik fasilitas primer maupun sekunder. Kami ucapkan berterima kasih kepada Pemkab Asahan dan Panitia Pelaksana atas fasilitas yang diberikan selama pelaksanaan MTQ”, ujar H. Salman.

Turut hadir dalam penutupan MTQ itu, Ketua DPRD Asahan dan Forkopimda Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten, OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Camat se-Asahan, Ketua MUI Asahan, Dewan Hakim, serta ribuan masyarakat tampak hadir.

Berikut hasil pengumuman pemenang dalam pelaksanaan MTQ Ke-51 Tingkat Kab. Asahan
Juara Umum: Kecamatan Sei Kepayang
Penerima ONH :
1. Ismail Marpaung (Juara 1 MTQ golongan dewasa putera)
2. Nurzannah Lubis (Juara 1 MTQ golongan dewasa puteri)
3. Syamsidar Dalimunthe (Juara 1 MHQ golongan 30 juz puteri)
(Pada golongan 30 juz putera tidak ada peserta yang mencapai standar nilai untuk menjadi Juara 1)
Dan Juara Pawai Ta’aruf : Kecamatan Tinggi Raja. (Siswanto)