Bupati Asahan Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Pelayananpublik.id – Pada tahun 2020 ini, sensus penduduk dapat dilakukan secara online. Sensus penduduk merupakan salah satu Program Nasional yang harus diikuti seluruh Rakyat Indonesia dalam rangka memperbaharui data kependudukan menuju Satu Data Indonesia.

Terkait hal itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Asahan, Minda Flora Ginting melakukan pengisian sensus penduduk online perdana di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan, H. Surya melakukan pengisian sensus online dipandu Minda Flora dan didampingi Asisten Pemerintahan dan jajaran Pemkab Asahan. Mereka berkesempatan ikuti pengisian sensus penduduk online perdana di Rumah Dinas Bupati Asahan, Sabtu (15/2/2020).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Minda Flora Ginting juga jelaskan bahwa periode Sensus Penduduk Online (SP Online) dimulai dari 15 Februari hingga 31 Maret 2020 dan dalam pelaksanaannya pengisian SP Online dapat dilakukan pada situs resmi sensus.bps.go.id.

Baca Juga : “Cara Mendaftar Sensus Penduduk Secara Online”

Lebih lanjut Minda juga berharap dukungan dari seluruh pihak khususnya Bupati dan Forkopimda Asahan untuk turut mensosialisasikan SP Online kepada masyarakat.

“Nantinya masyarakat tinggal membuka situs resmi Sensus Penduduk yaitu sensus.bps.go.id, dan bila terdapat hal-hal yang belum jelas pihak BPS Kabupaten Asahan siap untuk lakukan pendampingan,” jelas Minda.

Pasca laksanakan pengisian Data Sensus Penduduk, Bupati Asahan H. Surya imbau seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Asahan mulai dari OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk proaktif dalam mensukseskan SP Online dengan menyampaikan informasi pelaksanaan SP Online kepada masyarakat.

Surya juga mengajak masyarakat untuk ikut sukseskan pelaksanaan SP Online yang merupakan salah satu kewajiban sebagai warga Negara RI.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Sensus Penduduk 2020 adalah jembatan menuju Satu Data Kependudukan Indonesia dengan kebijakan tata kelola data Pemerintah agar menghasilkan data-data yang mutakhir, akurat, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Sensus penduduk online mudah diakses, data hasil Sensus Penduduk 2020 bisa dipergunakan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah,” pungkas Surya.