BPS Buka Pendaftaran 390 Ribu Petugas Sensus, Minimal Tamatan SMA

Pelayananpublik.id- Badan Pusat Statistik (BPS) akan menggelar Sensus Penduduk 2020. Meski kini penduduk bisa melakukan sensus sendiri lewat online, namun sensus secara manual akan tetap dilakukan.

Sensus Penduduk secara manual akan dilakukan oleh para petugas yang akan mendatangi rumah-rumah penduduk door to door dan mewawancarai warga pada Juli mendatang.

Terkait itu, BPS akan membuka pendaftaran Calon Petugas Sensus Penduduk 2020. Tahun ini BPS akan menerima sebanyak 390 ribu orang petugas dari seluruh daerah di Indonesia.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan pemgumuman pembukaan pendaftaran petugas sensus akan diumumkan secara online pada April 2020.

Baca Juga : “Cara Mendaftar Sensus Penduduk Secara Online”

“Kita perlu teman-teman untuk menjadi petugas Sensus Penduduk. Silakan daftar,” ujarnya dilansir dari Tempo, Sabtu (15/2/2020)

Ia menjelaskan segala persyaratan akan diumumkan secara online. Salahsatu syaratnya adalah pendidikan minimal SMA/sederajat dan berdomisili sesuai daerah sensus dilakukan.

Para petugas juga akan diberikan pelatihan mengisi kuesioner dan data-data dasar penduduk.

Dalam Sensus Penduduk 2020 ini, BPS menggunakan metode kombinasi (combine method). Metode ini menggunakan data administrasi pendudukan dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar, serta metode wawancara.

Adapun periode Sensus Penduduk Online (SP Online) akan dimulai pada 15 Februari-31 Maret 2020. Penduduk dapat mengakses web sensus. bps.go.id menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

Bagi penduduk yang belum mengikuti SP Online, mereka akan didatangi Petugas sensus untuk melakukan Sensus Penduduk Wawancara dengan menggunakan hp/tablet atau kuesioner kertas selama bulan Juli mendatang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *