Survey Kepuasan Publik, TNI dan Polri Raih Peringkat Tertinggi, DPR Terendah

Pelayananpublik.id- Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja TNI dan Polri masih di posisi bagus. Bahkan belakangan, lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) justru menjadi kurang memuaskan.

Hal itu berdasarkan hasil penelitian sebuah lembaga survey yakni Alvara Research Center saat 100 hari kerja Jokowi-Ma’ruf.

Hasil survei yang dilakukan Alvara pada akhir Januari hingga awal Februari dengan responden sebanyak 1.000 orang dan margin error 3,16 persen, serta Tingkat Kepercayaan 95 persen.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Adapun data diperoleh melalui wawancara tatap muka yang dilakukan dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia.

Berdasarkan hasil survey tersebut, TNI menempati posisi pertama memperoleh kepuasan publik, disusul oleh Polri.

“Pada Agustus 2019, KPK berada di posisi kedua tertinggi, pada Februari 2020 mereka berada di peringkat kelima,” ujar CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, melalui keterangan tertulis, Jum’at (14/2/2020).

Berdasarkan survey tersebut TNI berada di peringkat pertama dengan tingkat kepuasan 85,2 persen. Yang kedua, Polri dengan 72,7, Mahkamah Agung (MA) 72,7 persen, Mahkamah Konstitusi (MK) 72,4 persen, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 65,3 persen, KPU 63,3 persen, Partai Politik 60,8 persen. MPR 60,2 persen, DPR 53,7 persen. (Kimi)