Berita Asahan

Bupati H Surya Resmi Buka MTQ ke-51 Asahan

Pelayananpublik.id- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 51 Tingkat Kabupaten Asahan 2020 resmi dibuka. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Asahan H Surya di Lapangan Sepakbola Divisi I Kuala Piasa Desa Tinggi Raja Kecamatan Tinggi Raja.

Pembukaan MTQ Asahan itu dihadiri Forkopimda Asahan, Anggota DPRD Propsu, Para Asisten, OPD, Ketua MUI Asahan, Ketua TP PKK Asahan beserta pengurus, Kakan Kemenag, Camat se-Kabupaten Asahan, Dewan Hakim MTQ, Kafilah MTQ Kecamatan di Asahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP serta masyarakat.

Bupati Asahan, H Surya dalam sambutannya kembali mengajak masyarakat untuk memaknai pelaksanaan MTQ sebagai momentum memberantas buta aksara Alquran.

hari jadi pelayanan publik

Surya juga berharap pelaksanaan MTQ hendaknya tidak dipandang sekedar pentas kompetisi saja, namun MTQ diharapkan dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan bagi masyarakat.

“Banyak nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Alquran yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengarungi kehidupan, karena itu melalui pelaksanaan MTQ diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk mempelajari Alquran beserta segala makna yang terkandung di dalamnya”, ucapnya.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesra, John Hardi Nasution selaku Panitia Pelaksana mengatakan MTQ adalah program Nasional yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Hingga Nasional.

Di Asahan sendiri helatan itu digelar pada 11-15 Februari 2020.

Dirinya juga menyampaikan MTQ tahun ini diikuti oleh kafilah dari 25 Kecamatan dengan jumlah peserta 715 orang.

“Peserta tersebut nantinya akan mengikuti berbagai cabang Musabaqah yakni Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Hifzil Quran, Musabaqah Khattil Quran, Musabaqah Fahmil Quran dan Musabaqah Syarhil Quran” urai John Hardi. (*)