Banner PLN

18 Tempat Wisata Terbaik di Malang

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memilki temperatur udara cukup dingin. Selain terdapat banyak kampus, Malang juga terkenal dengan tempat-tempat wisata menarik dan unik.

Tempat wisata di Malang banyak sekali menyuguhkan keindahan dan ketenangan bagi yang berkunjung ke sana. Karena Kota Malang memiliki alam yang sangat menawan dan dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Hal inilah yang menjadikan Kota Malang menjadi kota yang wajib banget kamu kunjungi saat liburan.

Nah untuk memudahkan perjalanan liburan kamu nantinya, Yuk! Simak 18 tempat wisata di Malang di bawah ini, ya!

(foto : Kampung Jodipan sumber Trasindo)

1. Kampung Jodipan
Merupakan wisata dengan pemandangan perkampungan pelangi di Kota Malang yang didesain secara unik dan dicat dengan 17 warna-warni yang tampak sangat cerah. Tidak hanya warna-warni yang ditampilkan, kampung Jodipan juga memilki banyak lukisan 3D bertemakan hewan-hewan lucu dantentunya bisa menjadi spot foto yang bagus dan sangat instagenic! Nah, Keindahan yang ditampilkan dari desa ini awalnya digagas oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang loh! Keren ya semangat kontribusi dari mahaiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

(foto : Taman Sengkaling sumber Wedya)

2. Taman Sengkaling
Taman yang cocok untuk hiburan keluarga ini berupa danau buatan yang berada di tepi sungai Brantas yang banyak ditumbuhi pepohonan sehinga tampak ridang dan sejuk. Di dalam taman ini juga terdapat banayk wahana permainan baik indoor ataupun outdoor seperti permainan air, kolam renang, juga bioskop.

(foto : Taman Singha Merjosari sumber photo malang)

3. Taman Singha Merjosari
Taman ini merupakan taman terbuka hijau dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Taman ini bisa jadi referensi kamu untuk liburan gratis di tengah kota. Taman yang beralamat di Jl. Mertojoyo Sel. No 07, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini di lengkapi dengan Gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk-duduk santai bersama teman ataupun keluarga, ada juga jogging track, food therapy, taman bugar dengan 10 perlengkapan fitness dan bahkan ada sky byke juga loh!

(foto : Pemandian Kalireco sumber sandi privat)

4. Pemandian Kalireco
Kalau kamu butuh tempat yang bisa buat kamu kembali segar setelah aktivitas padat sepekan. Kamu bisa ke pemandian Kalireco, menikmati segarnya mata air pegunungan. Tempat pemandian ini sangat asri karena banyak pepohonan hijau nan rimbun dan terdapat pula persawahan di sekitarnya. Namun, Ladies… secara tradisional tempat ini hanya di khususkan bagi laki-laki, memang tidak ada larangan untuk perempuan. Tapi tidak dianjurkan bagi perempuan untuk mandi disini.

(foto : Wisata Pujon Kidul sumber photo malang)

5. Wisata Pujon Kidul
Wisata Pujon Kidul adalah sebuah cafe outdoor yang berada di tengah persawahan dan tentunya bisa menyantap makanan sambil menikmati pemandangan alam yang eksotis. Menu makanan yang ditawarkan merupakan campuran makanan modern dan tradisional. Tidak untuk menikmati makanan, kamu juga bisa bermain wahana berbagai permainan menarik yang tersedia di cafe ini. So, Kamu wajib banget singgah ke cafe ini saat berkunjung ke Kecamatan Pujon, Kota Malang.

(foto : Waduk Salorejo sumber liburmulu)

6. Waduk Salorejo
Waduk Salorejo adalah tempat bersantai dan adem paling rekomendasi buat menenagkan diri setelah lelah beraktivitas untuk kamu. Disini kamu bisa menikmati indahnya view Gunung Kelud yang bisa menentramkan hati kamu. Ditambah lagi suasana di lokasi waduk juga sangat sejuk dan tenang. Namun bukan hanya untuk menenangkan diri, kamu juga dapat menikmati beberapa fasilitas bermain seperti play ground, flying fox, kolam pemancingan, jembatan gantung, kolam renang dan juga perahu yang bisa membawa kamu menikmati waduk.

(foto : Wendit Waterpark sumber facebook)

7. Wendit Waterpark
Buat kamu yang lagi cari tempat seru-seruan bareng keluarga ataupun teman-teman, Wednit Waterpark adalah tempat yang cocok buat kamu kunjungi. Taman wisata air yang berada di Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang ini menawarkan berbagai wahana menarik yang wajib kamu coba. Wahana seperti worm coaster, waterboom, bom bom car, flying fox, ATV, juga perahu dayung yang bisa membawamu berkeliling wisata air, jika kamu memang tidak ingin mandi. Nah kalau kamu lagi di Malang, harus banget langsung berkunjung ke Wendit Waterpark ini. Apalagi kalau kamu sedang liburan, Wendit Waterpark jangan sampai ketinggalan dari list liburan kamu!

(foto : Candi Badut sumber Salsabila)

8. Candi Badut
Wisata candi bersejarah ini merupakan candi tetua di Jawa Timur, yang merupakan candi peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang terletak di kota Malang. Secara administratif, candi ini berada di Desa Karang Basuki, kecamatan Sukun. Posisi candi yang membaur dengan pemukiman warga dengan akses jalan yang sempit bukan menjadi penghalang bagi kamu untuk berkunjung ke wisata bersejarah ini. Karena objek wisata bersejarah ini menyuguhkan suasana sejuk dan asri dengan penataan yang sangat rapih dan elok dipandang. Candi ini terletak di jalan Candi 5D, Karangwidoro, Dau, Doro, Kecamatan Dau, Kota Malang, Jawa Timur.

(foto : Candi_Singosari_B sumber wikipedia)

9. Candi Singosari
Sebenarnya candi ini bernama Candi Cungkup atau Candi Menara, Candi Siwa yang digadangkan sebagai karya terakhir kerajaan Singosari. Dalam wisata sejarah kali ini, kamu bisa menyaksikan kisah sejarah masa kejayaan Kerajaan Singosari. Pintu masuk terlihat sederhana tanpa bingkai berhiaskan pahatan dan ambang pintu terdapat pahatan kepala Kala yang juga sangat sederhana pahatannya, namun bisa menambah kesan estetik dan bagus untuk koleksi foto kamu! Tapi adanya juga beberapa pahatan dan relief yang sangat sederhana menimbulkan dugaan bahwa pembangunan Candi Singhasari belum sepenuhnya terselesaikan. Nah, tempat wisata ini bisa membantu kamu belajar sambil menikmati alam.

(foto : cover-museum-brawijaya sumber myeatandtravelstory)

10. Museum Brawijaya
Spot wisata kali ini menawarkan banyak benda-benda kuno bersejarah. Contohnya meriam, senapan, gerbong maut, tank dan masih banyak lagi yang bisa kamu nikmati sendiri jika berkunjung ke museum ini. Untuk menikmati wisata ini, kamu tidak perlu mengorek kocek terlalu dalam, karena hanya dengan Rp. 3 ribu saja kamu bisa mengenal sejarah yang penting dan bisa selalu di kenang. Maka, tidak salah kalau Museum Brawijaya ini masuk ke dalam tempat wisata di Malang yang wajib kamu kunjungi. Nah, langsung catat alamatnya! Jalan Ijen No.25 A, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

(foto : Museum Malang Tempo Doeloe sumber java house)

11. Museum Malang Tempo Doeloe
Museum yang beralamat di Jalan Gajahmada, Kiduldalem, Kecamatan Klojen Kota Malang ini merupakan wisata sejarah dimana kamu bisa belajar mengenai sejarah, budaya, serta asal-usul kota Malang. Di dalam museum ini juga banyak sekali benda-benda peninggalan nenek moyang seperti prasasti, patung kuno, buku kuno, keris, dan lain-lain. Nah, tempat wisata ini cocok banget buat kamu yang suka belajar sejarah! Untuk para orangtua, juga sangat bagus membawa buah hatinya berlibur sambil belajar ke museum ini.

(foto : Alun-Alun Tugu Malang sumber facebook)

12. Alun-Alun Tugu Malang
Spot wisata tengah kota yang gampang banget buat kamu kunjungi sebagai alternatif bersantai dan bercengkrama dengan keluarga ataupun teman-teman. Dan untuk kamu yang suka berfoto, tempat ini cocok buat memenuhi feed instagram kamu. Karena desainnya yang catchy dan dikelilingi dengan teratai yang sangat cantik, sehingga bisa menjadi background kece dan unik untuk foto kamu. Alamatnya juga di tengah kota kok, Jalan Tugu, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. So, selamat berkunjung dan bersantai di Alun-Alun Tugu Malang! Dan jangan lupa berswafoto ya!

(foto : Air Terjun Coban Rondo sumber wikipedia)

13. Air Terjun Coban Rondo
Wisata air terjun ini merupakan objek wisata di Kota Malang yang cukup terkenal. Disini kamu bisa menikmati air terjun yang sangat indah dan menyegarkan. Kalau kamu tidak ingin mandi, kamu bisa berswafoto, karena tempat ini sangat Instagrameble! Tidak hanya pemandangan alam dan air sejuk saja, kamu juga bisa menjajal beberapa wahana yang tersedia seperti wahana tubing paint ball dan melihat rusa di penangkaran. Nah, untuk tarif masuknya sendiri, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.15 ribu Nanti untuk setiap wahana didalamnya akan dikenakan biaya tambahan sesuai wahana yang kamu pilih.

(foto : Pantai Balekambang sumber facebook)

14. Pantai Balekambang
Pantai yang disebut-sebut mirip dengan Pantai Lot ini bisa kamu kunjungi dengan harga tiket masuk Rp.15 ribu. Disebut mirip dengan Pantai Lot karena terdapat pura nan anggun berdiri diatas pulau di pantai ini, Pulau Ismoyono namanya. Nah, pura yang dinamakan Amerta Jati ini dibangun sebagai tempat ibadah umat Hindu. Pantai Balakembang ini bisa kamu akses dengan lancar dari kota Malang dengan mobil ataupun motor.

(foto : Kaliwatu Rafting sumber kaliwaturafting)

15. Kaliwatu Rafting
Buat kamu yang suka dengan wisata adrenalin, Kaliwatu Rafting bisa jadi tujuan wisata yang cocok buat kamu. Kaliwatu ini merupakan pusat pelatihan pengembangan sumber daya manusia, loh! dan bergerak dalam bidang jasa berbasis wisata adventure. Terdapat beragam wahana yang bisa kamu cobain, mulai dari tubing atau donut boat, mountain bike, paint ball, dan juga petik apel. Untuk tiket masuknya sendiri, kamu bisa lebih hemat jika semakin banyak membawa rombongan. Harga tiketnya berkisar Rp.150 ribu hingga Rp. 250 ribu.

(foto : Museum Angkut sumber istimewa)

16. Museum Angkut
Museum angkut adalah salah satu objek wisata terhits dan instagramable di Malang ini menyuguhkan banyak sekali spot-spot foto yang unik, keren dan memesona. Walaupun dengan harga tiket masuk yang cukup mahal, yaitu Rp. 100 ribu, pengunjung tetap ketagihan untuk mengunjungi dan berswafoto di tempat ini. Karena dari museum ini buka pada pukul 12 siang hingga 8 malam, pengunjung diperbolehkan membawa kamera DLSR dan berfoto sepuasnya.

(foto : Mata Air Sumber Sirah sumber indoflashlight)

17. Mata Air Sumber Sirah
Wisata bawah air Sumber Sirah pas banget buat kamu yang suka berenang ataupun snorkeling. Sebab, yang menjadi salah satu keunikan dari tempat ini adalah kecantikan tumbuhan ganggang hijau yang sangat fotogenic. Sehingga tempat ini bagus untuk hunting foto underwater. Airnya yang begitu jernih dan alami juga sangat nyaman untuk berenang. Jadi, tak salah kalau Mata Air Sumber Sirah ini menjadi salah satu tempat wisata yang rekomended buat kamu saat berlibur ke Kota Malang.

(foto : Coban Sumber Pitu dari sumber blogkulo)

18. Coban Sumber Pitu
Diberi nama Coban Sumber Pitu karena di air terjun ini setidaknya ada tujuh air terjun dalam satu kawasan tebing. Di Malang terdapat dua Coban Sumber Pitu, yang satu berlokasi di Duwet Krajan dan yang satunya lagi di Pujon Malang. Untuk Coban Sumber Pitu Pujon Malang sendiri memiliki air terjun yang cukup tinggi. Sedangkan Coban Sumber Pitu yang ada di Duwet memiliki air terjun yang lebih pendek, biarpun begitu alirannya cukup deras. Airnya yang jernih dan sangat indah asyik untuk kamu berendam dan berenang. Nah, selamat berlibur dengan menikmati segarnya air pegunungan! (Noy)