Persaingan Sempurna: Pengertian, Manfaat dan Syaratnya

Pelayananpublik.id- Bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang ekonomi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah persaingan sempurna.

Ya, persaingan sempurna berkaitan dengan penjualan suatu produk dengan iklim perdagangan yang ideal. Artinya dalam persaingan sempurna, tidak ada lagi intervensi harga dari pembeli maupun penjual. Sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Pasar persaingan sempurna adalah situasi pasar di mana pembeli dan penjual berada dalam pasar yang bersifat homogen. Tidak ada monopoli pada harga komoditas yang dijual dalam pasar tersebut. Semua dalam kendali pembeli dan penjual individu.

Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara dan kentang.

Syarat Persaingan Sempurna

Sebuah persaingan yang disebut sempurna harus memenuhi beberapa syarat yakni:

1. Ada Banyak Penjual & Pembeli

Adanya sifat ini, mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan. Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat datum (harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual) karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

2.Ada Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)

Dalam persaingan sempurna, apabila suatu perusahaan ingin bisa saja memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan dan menutup usahanya jika ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar misalnya dengan adanya surat perjanjian. Jadi kapanpun mengalami kerugian, perusahaan dapat keluar.

Perusahaan dapat bertahan di pasar karena merasa mampu menjadi perusahaan penyedia produk dengan kualitas tinggi dengan harga yang sesuai pasar.

3. Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Dalam persaingan sempurna perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan. Artinya sekalipun Anda membeli disatu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya akan sama persis dengan perusahaan lain.

4. Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Penjual dan pembeli sangat mengetahui betul tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya. Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar. Dan tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar

5. Mobilitas Sumber Ekonomi Sempurna

Dalam persaingan sempurna, mobilitas sumber ekonomi pun harus sempurna. Artinya tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya karena pada dasarnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

6. Kebanyakan Perusahaan Kecil

Pasar persaingan sempurna mengandung sebagian besar perusahaan kecil, relatif kecil dibandingkan dengan ukuran keseluruhan pasar. Hal Ini untuk memastikan bahwa tidak ada satu pun perusahaan yang dapat melakukan kontrol pasar atas harga atau kuantitas. Jika satu perusahaan memutuskan untuk menggandakan outputnya atau berhenti memproduksi seluruhnya, pasar tidak terpengaruh. Harga tidak berubah dan tidak ada perubahan dalam kuantitas yang dipertukarkan.

Manfaat Persaingan Sempurna

Pasar dengan persaingan sempurna pun memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

– Memberikan barang yang berkualitas baik untuk konsumen. Karena barang yang dibutuhkan bersifat sama dengan harga yang sama pula, otomatis para pelaku industri akan berlomba – lomba meningkatkan kualitas produknya.

– Para pelaku industri tidak perlu mengeluarkan tarif berlebih untuk memasarkan produknya, karena sifat produknya bersifat umum, maka konsumen secara tidak langsung sudah dapat tau tanpa harus melalui pemasaran iklan.

– Kemudahan dalam mengikuti arus perdagangan dan kemudahan dalam meninggalkan arus perdagangan.

– Para pelaku industri tidak bisa melakukan kartel dengan barang dagangannya.

– Pelaku industri rata – rata mampu bertahan lama dalam persaingan pasar sempurna.

Selain itu, dalam pasar persaingan sempurna adalah tidak adanya persaingan di dalam pasar karena barang yang dijual bersifat homogen. Hal ini juga berpengaruh dalam hal promosi. Penjual tidak perlu melakukan promosi yang besar-besaran karena barang yang dijual homogen. Selain itu, harga barang di dalam pasar persaingan sempurna juga cukup stabil. Tidak ada kenaikan ataupun penurunan drastis antara satu penjual dan penjual lain.

Sayangnya pasar persaingan sempurna juga memiliki kekurangan. Pasar persaingan sempurna cukup minim inovasi. Selain itu karena barang yang dijual homogen, pembeli merasa kesulitan memilih barang atau jasa. Persaingan sempurna juga memberikan ongkos sosial dan distribusi pendapatan yang tidak merata.

Beda Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut adalah perbedaan persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna.

– Dalam Pasar Persaingan Sempurna selalu terdapat banyak pelaku pasar. Sedangkan dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna cenderung lebih dinamis sehingga terdapat sedikit sampai ke banyak pelaku pasar tergantung pada jenis struktur pasarnya.

– Dalam Pasar Persaingan Sempurna, penjual menghasilkan atau memasok produk yang sama (homogen). Sementara dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna, produk yang ditawarkan oleh penjual dapat bersifat homogen atau bisa juga berbeda-beda.

– Dalam Pasar Persaingan Sempurna, tidak ada hambatan untuk masuk dan keluar dari pasar. Berbeda dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna yang terkesan ketat dan penuh hambatan untuk masuk keluar pasar.

– Dalam Pasar Persaingan Sempurna, diasumsikan bahwa perusahaan tidak mempengaruhi harga suatu produk. Oleh karena itu mereka biasa disebut Price Taker. Tetapi dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna, perusahaan sangat dimungkinkan memengaruhi harga produk (Price Maker).

Demikian ulasan mengenai persaingan sempurna mulai dari pengertian, manfaat, ciri hingga perbedaaannya dengan persaingan tidak sempurna. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.