Dinas Lingkungan Hidup Asahan Berdayakan Bank Sampah

Pelayananpublik.id- Permasalahan lingkungan hidup saat ini semakin kompleks. Tak dipungkiri, perilaku negatif masyarakat dalam memperlakukan sampah kerap menjadi awal dari rentetan permasalahan lingkungan yang ada.

Begitupun di Kabupaten Asahan, masalah sampah juga menjadi momok yang mengusik kondisi lingkungan di bumi rambate rata raya tersebut.

Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawan pada kondisi lingkungan di Asahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah lakukan berbagai upaya untuk menangani permasalahan sampah tersebut, termasuk saat ini memberdayakan bank sampah.

hari jadi pelayanan publik

Dengan adanya bank sampah tersebut, DLH berharap masyarakat Asahan bisa mengelola sampah dengan baik.

“Jadi setiap minggunya, pengelola dan pengurus Bank Sampah DLH rutin lakukan pembelian sampah yang berasal dari masyarakat maupun OPD lain serta dibarengi dengan pendampingan dan pembinaan”, ujar Sofian, Sekretaris DLH Jumat (7/2/2020).

Sofyan juga menuturkan Bank Sampah terus berkembang. Hal tersebut terlihat dari peningkatan jumlah dana yang terkumpul dari penjualan sampah setiap anggota.

Dirinya juga berpesan bahwa dana tabungan tersebut hendaknya dapat digunakan setiap anggota untuk keperluan sehari-hari sehingga meringankan perekonomian masyarakat.

“Kita berharap Bank Sampah dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah”, pungkasnya. (*)