Arti Globalisasi, Sejarah, Penyebab dan Baik Buruknya Bagi Sebuah Bangsa

Pelayananpublik.id- Globalisasi merupakan istilah yang sudah mulai terdengar sejak tahun 1990an. Pada saat itu murid-murid sekolah selalu diingatkan untuk meningkatkan ilmu dan skill agar tidak kalah saing dengan tenaga kerja asing.

Karena di era globalisasi, perdagangan bebas mulai berlaku begitu juga tenaga kerja asing semakin mudah masuk ke Indonesia.

Jadi sebenarnya apa pengertian globalisasi dan bagaimana sejarahnya? Silakan simak ulasan berikut.

Globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata global atau universal yang artinya luas dan liztion yang berarti proses. Jadi, globalisasi adalah proses yang tidak memiliki batasan baik itu secara wilayah ataupun pemikiran.

Pengertian globalisasi adalah sebuah pertumbuhan yang berlangsung cepat. Proses ini disebabkan oleh ketergantungan berbagai negara pada perdagangan maupun keuangan.

Selain itu, globalisasi juga bisa diartikan sebagai sebuah proses pertumbuhan yang cepat yang disebabkan ketergantungan berbagai negara, dan juga untuk mempertahankan identitas masing-masing.

Globalisasi juga merupakan penyusutan atau penghapusan batasan negara-negara, lalu diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yang terintegrasi. Hal yang perlu diperhatikan juga akibat dari globalisasi itu sendiri.

Sejarah Globalisasi

Sebenarnya ada banyak pendapat mengenai globalisasi dan kapan pertama kali muncul di dunia.

Sebagian teori menyebut globalisasi sudah terjadi tahun 1500an di beberapa negara.

Tanda dari perdagangan globalisasi ini adalah adanya perdagangan kaum muslim di Asia dan Afrika.

Kaum muslim ini membentuk jaringan perdagangan  ke wilayah Jepang, Vietnam, Cina, Malaka, Indonesia, India, Persia, Venesia, Laut Tengah dan Genoa. Fase selanjutnya adalah eksplorasi besar-besaran oleh bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris.

Namun para ahli sejarah memiliki pendapat jika globalisasi mulai berkembang pada sekitar abad 20-an. Dimana negara termasuk Indonesia mulai membuka lebar jalur perdagangan internasional.

Penyebab Globalisasi

Kenapa terjadi globalisasi? Ada beberapa sebab yang mendorong terjadinya globalisasi.

1. Berkembangnya Teknologi Dan Informasi

Semakin lama teknologi dan informasi semakin berkembang. Mobilisasi masyarakat dunia juga semakin berkembang dan lebih kompleks. Hal inilah yang memicu globalisasi terjadi karena pergerakan perdagangan dan keuangan bisa semakin mudah di lakukan.

Contohnya saat ini selama ada uang Anda bisa memesan barang atau belanja dan menjual barang dari luar negeri hanya dari smartphone Anda.

2. Kerja Sama Antar Negara Semakin Mudah

Karena kemajuan teknologi dan informasi di berbagai negara membuat kerja sama semakin mudah dilakukan. Sektor ekonomi semakin meningkat dan mudah mendapatkan produk dari mancanegara.

3. Adanya Kemudahan Transportasi

Berkembangnya teknologi juga disusul perkembangan transportasi. Kini pergi ke negara lain lebih mudah dibandingkan dahulu.

Bahkan biaya keluar negeri seperti Malaysia lebih murah dibanding ke Jakarta loh.

4. Ekonomi Terbuka

Era globalisasi membuat ekonomi menjadi terbuka. Perdagangan global mudah di terima yang menyebabkan unsur budaya di tempat lain juga ikut masuk. Transaksi keuangan juga semakin kompleks dan menjadi lebih besar dari negara satu ke negara lain.

5. Unsur Budaya

Era globalisasi bisa terjadi ketika negara tersebut bisa menerima unsur budaya dari negara lain. Sehingga, kegiatan ekonomi dan keuangan bisa berjalan sesuai dengan target yang ditentukan.

Ciri-Ciri Globalisasi

Sebuah negara yang mengalami globalisas tentu memiliki ciri. Adapun ciri globalisasi adalah sebagai berikut.

1. Ada Perubahan Konsep

Era globalisasi membuat berubahnya konsep antara ruang dan waktu. Tidak ada batasan-batasan ketika globalisasi muncul.

Setiap orang akan mudah mengakses apapun yang mereka inginkan hanya menggunakan teknologi.

2. Pasar Dan Produksi

Setiap negara akan saling bergantung satu sama lainnya. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional. Organisasi semacam WTO juga mempengaruhi perilaku pasar dan produksi.

3. Peningkatan Interaksi

Interaksi dengan berbagai masyarakat belahan dunia lain akan semakin mudah. Terutama munculnya berbagai macam sosial media dan grup kencan. Dengan adanya hal ini maka perkawinan silang antar ras akan semakin banyak.

5. Timbulnya Masalah Bersama

Karena kompleksnya jalan perekonomian dan perdagangan, hal ini juga memicu timbulnya masalah dari berbagai negara. Misalnya inflasiregional, masalah lingkungan hidup dan sebagainya.

Dampak Baik dan Buruk Globalisasi

Globalisasi juga memiliki dampak untuk berbagai negara. Dampak globalisasi tentu tak melulu baik dan tak pula selalu buruk. Pasti ada positif dan negatif yang terjadi saat perubahan datang kepada sebuah bangsa.

Salahsatu dampak positif dari globalisasi adalah kemudahan dalam memperoleh informasi. Masyarakat dimanjakan dengan berlimpahnya pengetahuan dan kemudahan untuk mengaksesnya.

Selain itu, kehidupan sosial ekonomi akan meningkat seiring berkembangnya ilmu pengetahuan.

Sedangkan dampak buruk dari adanya globalisasi adalah mudahnya budaya luar untuk mempengaruhi budaya lokal, sehingga ciri khas suatu negara akan mengalami pergeseran. Masyarakat akan semakin menjadi individualis disebabkan oleh ketergantungannya dengan teknologi.

Demikian ulasan mengenai globalisasi, mulai dari pengertian, sejarah, penyebab hingga dampaknya bagi sebuah bangsa. Semoga bermanfaat ya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.