Berita Asahan

Bupati Asahan Berjuang Menyediakan Pemakaman Baru untuk Umat Nasrani

Pelayananpublik.id– Bupati Asahan H Surya mengatakan dirinya sedang mengusahakan lahan untuk pemakaman baru bagi umat kristiani.

Hal itu dikatakannya saat tokoh adat umat Kristiani beraudiensi di ruang kerjanya, Kamis (6/2/2020).

Surya juga akan memberikan instruksi kepada Camat terkait untuk lakukan koordinasi dengan pihak management PT. Lonsum Perkebunan Gunung Melayu yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Pulau Rakyat dan Rahuning sebagai langkah awal pembicaraan lokasi perkuburan nasrani di 2 Kecamatan tersebut.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Dirinya juga berupaya untuk segera merealisasikan keinginan dari masyarakat Nasrani agar memiliki lahan pemakaman yang baru dan memadai. Namun untuk merealisasikan hal tersebut, Surya juga tak menampik perlunya melalui prosedur dan mekanisme serta aturan yang berlaku.

“Saya akan berupaya merealisasikan keinginan yang diutarakan, namun saya mohon doa dan kesabaran masyarakat nasrani agar diberi kemudahan dalam mewujudkan hal tersebut”, tandas Surya.

Sebelumnya, tokoh masyarakat dan tokoh adat umat Nasrani dr. Lincon Lumban Tobing menyampaikan kondisi lahan perkuburan milik umat Nasrani yang berada di Pulau Rakyat dan Rahuning tepatnya di Jalan Desa Sei Piring dan di Desa Rahuning II dusun III kondisinya sudah sangat padat dan tidak memadai lagi.
Lokasi itu, kata dia, juga rawan longsor karena berada di bantaran Sungai Asahan. Untuk itu, Lincon berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan agar dapat memberikan solusi untuk menangani persoalan itu.

“Kami berharap Pemkab Asahan melalui Pak Surya, dapat membantu kami mengatasi kondisi lahan perkuburan yang ada saat ini,” katanya.

Turut hadir dalam audiensi itu, Asisten Ekonomi Pembangunan, Kadis Kominfo dan Plt. Kaban Kesbang Pol Asahan. (*)