Virus Corona

Dampak Corona, Harga Masker N95 Naik Signifikan dari Rp12.000 Jadi Rp100.000

Pelayananpublik.id – Isu virus corona tekah membuat masyarakat resah. Bahkan gejolak masyarakat sempat terjadi akibat virus yang berasal dari China tersebut.

Dampak lain dari virus corona yakni naiknya harga perlengkapan pelindung yakni masker jenis N95.

Kenaikkan harga masker N95 pascaisu virus corona tersiar ke publik. Kenaikkan harga masker sangat signifikan, lebih dari 100 persen.

Tingginya permintaan dan stok N95 disinyalir jadi penyebab naiknya harga masker yang disebut bisa melindungi dan mengantisipasi tubuh dari virus corona.

Kenaikkan harga N95 juga terjadi di beberapa apotek di Kota Medan.

Dari data yang dikumpulkan pelayananpublik.id, kenaikkan harga di masing-masing apotek berbeda.

Berikut data kenaiikan harga masker N95 sesuai dengan sesuai masing-masing merek.

Harga di salah satu apotek di Jalan Letda Sujono Medan, sebelum isu virus corona, seharga Rp20 ribu, kini dijual Rp40 ribu per piece.

Lalu di salah satu apotek di Jalan Kapten Muslim, sebelum isu virus corona seharga Rp17.500, kini dijual Rp50 ribu per piece.

Di salah satu toko alat kesehatan (Alkes) di Kota Medan. Saat ini stoknya telah habis, kenaikkan harga juga terjadi. Sebelum isu harga masker
Rp380 ribu per kotak (isi 20). Saat ini, Rp800 ribu – 900 ribu per kotak.

Kemudian di salah satu toko di Medan Johor, juga stok sedikit dan sebelumnya dijual seharga Rp30 ribu, saat ini dijual jadi Rp100 ribu per piece.

Apotek lainnya di sekitar Medan Helvetia, sebelum isu virus corona itu tersiar, dijual seharga Rp17 ribu, saat ini dijual seharga Rp70 ribu per piece.

(foto : Penjualan masker N95 via online atau internet)

Bahkan sejumlah pihak juga memanfaatkan kenaikkan harga masker N95 pascaisu corona untuk dijual secara online. Di salah satu toko online, harga masker yang sebelumnya Rp12 ribu, dijual jadi Rp100 ribu per satuan. Untuk satu kotak dijual seharga Rp2 juta.

Sedangkan untuk harga N95 di apotek Kimi Farma tidak mengalami kenaikkkan. Harga masker per piece, seharga Rp21 ribu – 22 ribu per piece.

“Dari distrubutor harga sudah naik karena barang susah dicari. Kemungkinan harganya akan turun pekan depan. Karena masker N95 akan masuk,” ujar seorang narasumber. (EP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *