15 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Pelayananpublik.id – Selain menjadi kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal dengan kekayaan budaya dan alamnya. Inilah yang membuat Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota gudeg, sangat menarik untuk dikunjungi.

Yogyakarta banyak terdapat objek wisata baik itu alam, budaya hingga edukasi. Berikut ini kami menyuguhkan 15 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi. Yuk ini dia artikel selengkapnya.

(foto : candi prambanan dari facebook jelajahi indonesia)

1. Candi Prambanan

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Candi Prambanan juga sering disebut Candi Roro Jonggrang. Candi ini merupakan candi yang terbesar di Indonesia, dan beberapa waktu lalu telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Candi Prambanan adalah kompleks yang di dalamnya banyak sekali candi. Uniknya, candi ini terletak diantara dua provinsi, yakni DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Untuk desain bangunan, Candi Prambanan dihiasi relief kisah Ramayana. Bagi anda yang ingin kemari, jangan lupa untuk berswafoto, karena bangunan candi ini sangat megah dan pasti hasil jepretannya bakal bagus.

(foto : keraton Yogyakarta sumber facebook viva.co.id)

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan objek wisata yang sangat historis dan kental dengan nilai budaya. Keraton ini merupakan kediaman dari Sri Sultan Hamengkubuwono X dan keluarga.

Keraton Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 WIB, dan khusus untuk hari Jumat, keraton hanya buka hingga pukul 12.00 WIB.

Di dalam keraton anda bisa melihat koleksi pusaka kerajaan, hingga menyaksikan film dokumenter tentang sejarah Yogyakarta.

Yang menarik dari keraton Yogyakarta adalah, anda datang ke bangunan khusus bernama Gedhong Kaca. Nah, disini anda bisa melihat kesibukan sehari-hari para abdi dalem yang masih mengenakan pakaian tradisional.

(foto : Museum Benteng Vredeburg facebook fajar siddik)

3. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan peninggalan sejarah yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1760.

Museum ini masih terletak di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, tepatnya di depan gedung kantor pos Yogyakarta. Jika anda berkunjung ke museum Vredeburg, bakal disuguhkan banyak koleksi karya seni, senjata peninggalan zaman dahulu dan juga ada pemutaran film tentang perjuangan bangsa lho.

Anda gak bakalan nyesal datang kesini, karena tiket masuknya hanya Rp 2 ribu untuk anak-anak dan Rp 3 ribu untuk dewasa. murahkan?.

(foto : Istana Air Taman Sari sumber facebook pegipegi)

4. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari merupakan objek wisata tempat pemandian raja-raja pada zaman dahulu. Namun, jika anda datang kemari, bisa juga kok menikmati sensasi mandi dan berenang di lokasi ini.

Untuk lokasinya juga tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, tepatnya berada di Jalan Tamanan. Selain itu harga tiket masuknya juga murah banget yakni Rp 5 ribu.

Dengan harga tiket yang murah anda sudah bisa menikmati tempat pemandian Umbul Pasiraman, Danau Buatan dengan Pulo Kenongo di tengahnya, Masjid Bawah Air, Sumur Gumuling yang memiliki keunikan anak tangganya melambangkan rukun Islam, Pulo Cemethi tempat raja melakukan semedi, dan banyak lagi yang lainnya. Gak bakalan nyesal deh datang ke lokasi ini.

(foto : Jalan Malioboro sumber facebook Yogyakarta)

5. Jalan Malioboro

Siapa sih masyarakat Indonesia yang tak tahu dengan Jalan Malioboro? ini adalah ikon Kota Yogyakarta tempat berkumpulnya semua usia dari yang muda sampai yang tua. Jika datang ke Yogyakarta, jika tak singgah kemari, bakalan nyesal lho.

Di lokasi ini banyak sekali para pedagang yang menjajakan kuliner, aksesories khas Yogyakarta, batik, hingga pakaian. Jika datang ke Malioboro, lebih enak di malam hari sambil menikmati kuliner. Dijamin deh, anda gak bakalan mau pulang dari Yogyakarta.

(foto : Pantai Parangtritis Queen Resort sumber facebook wisata istimewa)

6. Pantai Parangtritis

Mau yang romantis dan bikin syahdu sambil melihat sunset? Pantai Parangtritis adalah tempat yang pas.

Di pantai ini anda bisa menikmati matahari tenggelam sembari naik andong atau berjalan kaki, bisa juga sambil minum air kelapa.

Pantai dengan pemandangan indah yang satu ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Dari Stasiun Tugu, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan jarak tempuh 30 km. Gak jauh dan gak bakalan nyesal.

(foto : Gumuk Pasir Parangkusumo sumber facebook wicaksana rismawardi)

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Di Asia Tenggara, gumuk pasir hanya ada di tiga negara yakni Filipina, Vietnam dan Indonesia. Nah, di Indonesia gumuk atau bukit pasir di tepi laut ada di Pantai Parangkusumo.

Hanya bayar parkir saja, anda bakal menikmati gumuk pasir secara gratis. Selain itu di lokasi ini terdapat jasa sewa sandboard.

Sanboard digunakan untuk berselancar di atas pasir, dan jika anda belum pernah berselancar, ada juga kok pemandunya.

(foto : Puncak Becici sumber facebook Puncak Becici)

8. Puncak Becici

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Wisata ini masih baru, namun Puncak Becici bakal menawarkan sensasi yang tak akan terlupakan, karena posisinya yang terletak di tebing yang menjorok menhadap ke barat.

Jadi, dari puncak ini anda dapat melihat Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi dengan jelas melalui gardu Pandang. Kalau mau ke tempat ini, dari lokasi parkir anda hanya berjalan sekitar 100 meter, dengan pemandangan pohon pinus. Wow!

(foto : Kali Biru di Kulon Progo sumber facebook joglo wisata)

9. Kali Biru

Kali Biru adalah wisata alam di Kulon Progo yang menawarkan suasana alam pedesaan yang masih asri dan suasananya mantul banget.

Keunikan lain tempat ini adalah seluruh fasilitas dan sarana yang ada dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar dengan menarik biaya masuk sebesar Rp5.000,00 saja.

Sembari menikmati udara sejuk, kita bisa berfoto bersama teman dan keluarga di spot yang instagramable sekaligus menantang adrenalin. Gak salahkan, kalau Kali Biru masuk dalam 15 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi.

(foto : Goa Pindul sumber facebook Goa Pindul)

10. Goa Pindul

Menempuh perjalanan 2 jam dari Yogyakarta, anda bakal sampai di Goa Pindul yang merupakan ikon wisata Kabupaten Gunung Kidul terletak di Desa Gelaran 1, Kecamatan Karangmojo.

Yang buat menarik, anda bakal ditantang melakukan cave tubing atau menyusuri gua bawah tanah yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit.

Wisatawan bisa menikmati keindahan Goa Pindul pada pukul 06.30–17.00 WIB. Anda perlu menyiapkan uang Rp10.000,00 per orang untuk tiket masuk ke kawasan objek wisata Goa Pindul dan Rp35.000,00 untuk masuk ke dalam gua.

Harga tersebut belum termasuk sewa pelampung dan pemandu ya.

(foto : Gunung Purba Nglanggeran sumber istimewa)

11. Gunung Purba Nglanggeran

Sekitar 60 sampai 70 juta tahun yang lalu, Gunung Nglanggeran merupakan gunung purba yang masih aktif. Itu bisa dilihat dari puncaknya yang berbentuk kerucut seperti gunung aktif dan banyaknya bebatuan raksasa.

Usai menyusuri jalan yang mendaki dari puncak gunung, kita bisa melihat hamparan pemandangan indah Kota Yogyakarta serta sunrise dan sunset yang menakjubkan. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di gunung ini, yakni panjat tebing, berkemah, piknik, dan outbound.

(foto : Tebing Breksi sumber jogjaku)

12. Tebing Breksi

Objek wisata ini adalah surganya para pecinta selfie alias yang senang berswafoto. Namun, dibalik itu semua, siapa yang menyangka jika dulunya Tebing Breksi merupakan lahan bekas pertambangan.

Tebing unik yang satu ini terbentuk dari endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul. Dari atas tebing tersebut, wisatawan bisa melihat Candi Prambanan dan hamparan pemandangan yang indah.

Buka mulai pukul 05.30–21.00 WIB, Tebing Breksi bisa diakses dengan mudah tanpa dipungut biaya, kecuali untuk parkir kendaraan sebesar Rp5.000,00. objek wisata ini terletak di Sambirejo, Kabupaten Sleman.

(foto : Kedung Pendut sumber liburmulu)

13. Kedung Pendut

Kali ini kita beralih ke wisata air terjun Kedung Pendut. Objek wisata ini tak boleh anda lewatkan jika datang ke Yogyakarta.

Yang unik dari Kedung Pendut, air terjunnya dua warna yang terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo.

Selain itu anda bisa bermain di bawah air terjun sambil mandi di kolam alami yang jernih.

Fasilitas di tempat ini cukup memadai, seperti gardu pandang, jembatan bambu, musala, warung, kamar mandi, serta tentu saja spot foto yang instagramable.

(foto : Museum Gunung Merapi sumber facebook)

14. Museum Gunung Merapi

Tahu tidak kalau Gunung Merapi pernah meletus dengan sangat dahsyat pada tahun 2010?

Museum Gunung Merapi dibangun untuk mengenang detik-detik gunung ini meletus dan menyimpan kenangan akibat keganasan letusan salah satu gunung teraktif di dunia ini.

Di sisi lain, museum yang banyak dikunjungi wisatawan ini juga menjadi sarana edukasi agar masyarakat senantiasa waspada. Museum tersebut terletak di Jalan Kaliurang Km 22, Kabupaten Sleman, dibuka pada pukul 08.00–15.30 WIB.

(foto : Taman Pintar sumber facebook)

15. Taman Pintar

Sesuai dengan namanya yakni Taman Pintar, lokasi ini adalah sarana bagi anak-anak untuk belajar berbagai ilmu pengetahuan.

Anda bisa datang mulai pukul 05.00–14.00 WIB ke Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan.

Kompleks Taman Pintar terbagi dalam beberapa zona, yaitu Gedung Kotak, Gedung Oval, Gedung Memorabilia, Gedung Planetarium, Gedung Paud, dan Kampung Kerajinan.

Setiap zona atau gedung memiliki fungsi dan di dalamnya terdapat sarana edukasi yang berbeda pula. Gak salah dong Taman Pintar menjadi 15 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi.

Keren-keren kan lokasi wisatanya, mulai dari alam, edukasi, hingga budaya semuanya ada di Yogyakarta. Tunggu apalagi, segera siapkan rencana dan yang pasti duit untuk berwisata ke Yogyakarta.

Sekian informasi terkait lokasi wisata di Yogyakarta yang menarik untuk anda kunjungi. Semoga bermanfaat.